Latar Belakang Hari Kebangkitan Nasional dan Rekomendasi 8 Film Bertema Pahlawan

Tribunnews   Rabu, 19 Mei 2021

img

Latar belakang hari kebangkitan nasional dan rekomendasi 8 film bertema pahlawan tribunnews.com - indonesia memperingati hari kebangkitan nasional setiap tanggal 20 mei. Tahun ini, hari kebangkitan nasional jatuh pada besok kamis, 20 mei 2021. Hari kebangkitan nasional dilatarbelakangi oleh bangkitnya semangat nasionalisme, persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan negara indonesia. Latar belakang hari kebangkitan nasional hari kebangkitan nasional bertepatan dengan tanggal lahirnya organisasi budi utomo.

Budi utomo didirikan pada 20 mei 1908 oleh dr. Sutomo dan para mahasiswa stovia (school tot opleiding van indische artsen). Sejak itulah sejarah indonesia memasuki masa pergerakan nasional. Melihat kondisi masyarakat indonesia yang tidak mampu mendapatkan pendidikan formal atau melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, wahidin sudirohusodo, dokter lulusan sekolah dokter jawa, merasa prihatin.

Setelah mendapat dana dari para bangsawan jawa dan belanda, ia membentuk studiefonds (pengelolaan beasiswa) lalu mencanangkannya dengan berkeliling jawa hingga singgah di stovia. Di hadapan para pelajar stovia, dr wahidin memberikan pesan mengenai pentingnya pendidikan sebagai sarana membebaskan diri dari keterbelakangan. Dari sini, sutomo dan suraji bertemu dr wahidin, membahas pentingnya organisasi demi mewujudkan cita-cita itu. Pada 20 mei 1908, di ruang kelas astronomi stovia, terjadi pertemuan yang menghasilkan terbentuknya organisasi budi utomo.

Dengan ketua sutomo, wakil ketua m sulaiman, sekretaris i suwarno, sekretaris ii gunawan mangunkusumo dan bendahara angka. Lahirnya budi utomo menandai terjadinya perubahan bentuk perjuangan dalam mengusir penjajah, menjadi perjuangan dengan kekuatan pemikiran dan bersifat nasional. Budi utomo memelopori munculnya organisasi-organisasi pergerakan pada masa selanjutnya, antara lain sarekat dagang islam, indische partij, perhimpunan indonesia, dan muhammadiyah. Rekomendasi film bertema pahlawan setelah mengetahui latar belakang terbentuknya hari kebangkitan nasional, kita bisa mengetahui lebih dalam mengenai perjuangan para pahlawan melalui film.

1. Soekarno: indonesia merdeka film yang disutradarai oleh hanung bramantyo ini mengisahkan tentang presiden pertama indonesia, yaitu ir. Soekarno. Film yang rilis pada 11 desember 2013 ini dibintangi oleh maudy koesnaedi, lukman sardi, tika bravani, ferry salim, tanta ginting, mathias muchus, dan agus kuncoro.

2. Kartini film yang disutradarai oleh hanung bramantyo ini mengisahkan tentang perjuangan pahlawan perempuan, raden ajeng kartini. Tokoh kartini diperankan oleh dian sastrowardoyo. 3.

Jenderal soedirman dengan disutradarai oleh viva westi, film ini mengisahkan tentang kisah perjuangan pahlawan nasional jenderal soedirman. Film jenderal soedirman dibintangi oleh adipati dolken, ibnu jamil, mathias muchus, lukman sardi, dan baim wong. 4. Wage film yang disutradarai oleh john de rantau ini mengisahkan tentang kisah seorang pahlawan nasional, wage rudolf supratman.

Ia lebih sering dikenal wr supratman, sang pencipta lagu indonesia raya. Film berdurasi dua jam ini dibintangi oleh rendra bagus pamungkas, teuku rifnu wikana, putri ayudya, prisia nasution, hingga wouter zweers. 5. Battle of surabaya film yang disutradarai oleh aryanto yuniawan ini mengisahkan tentang peristiwa sejarah, pertempuran surabaya.

Suara dari karakter film animasi ini diisi oleh reza rahadian, maudy ayunda, ian saybani, darryl wilson, tanaka hidetoshi, dan masih banyak lagi. 6. Guru bangsa tjokroaminoto film yang disutradarai oleh garin nugroho ini mengisahkan tentang perjuangan tokoh pahlawan nasional, oemar said tjokroaminoto. Reza rahadian adalah tokoh utama yang berperan sebagai tjokroaminoto.

7. 6,9 detik film ini mengisahkan tentang kisah perjuangan aries susanti rahayu, atlet panjat tebing nasional. Kisah aries susanti yang memecahkan rekor sebagai perempuan pertama sepanjang sejarah yang berhasil mencapai di bawah tujuh detik dalam kejuaraan panjat tebing ifsc climbing world cup 2019 ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi indonesia. 8.


Baca Juga

0  Komentar