Menambah Mitra Penerbangan Bebas Corona

Koran Tempo   Rabu, 19 Mei 2021

img

Menambah mitra penerbangan bebas corona jakarta – pt angkasa pura i (persero) akan memperluas kerja sama penerbangan bebas covid-19 atau safe corridor initiative (sci) ke bali. Vice president corporate secretary angkasa pura i, handy heryudhitiawan, mengatakan paket khusus yang sebelumnya hanya disiapkan dengan incheon international airport corporation untuk membawa turis korea selatan ke indonesia itu juga ditawarkan ke uni emirat arab. “kami jajaki juga dengan pengelola bandara uni emirat arab,” ucapnya kepada tempo , kemarin. Meski promosi di korea sudah berjalan, handy mengatakan rute penerbangan khusus itu baru bisa dibuka bila sudah ada persetujuan dari pemerintah.

Setelah mengantongi sertifikat sci pada oktober 2020, angkasa pura i masih harus menyiapkan prosedur untuk kegiatan operasionalnya. Tim gabungan angkasa pura i dan incheon airport corporation pun harus menyaring pelaku usaha di bali yang akan dilibatkan dalam kegiatan ini. Mereka adalah penyedia akomodasi, seperti hotel dan restoran serta layanan pariwisata lain. “kami menargetkan bisa selesai pada juli nanti,” kata dia.

Kemarin, menteri koordinator perekonomian airlangga hartarto mengatakan penerbangan khusus antarnegara, yang disebut travel bubble , bisa terjalin bila kedua pihak sudah saling mengakui kualitas penerapan protokol kesehatan masing-masing. “hampir semua negara menanyakan level penularan. Maunya seimbang untuk menuju travel bubble ,” tutur dia. Selain bali, airlangga mengatakan, area wisata batam dan bintan di kepulauan riau masuk program travel bubble.

Kepala dinas pariwisata dan kebudayaan kabupaten bintan, wan rudi, mengatakan ikut mengajukan konsep serupa travel bubble kepada pemerintah pusat. Menurut dia, akses pelancong asing di bintan layak dilonggarkan karena pengawasan protokol kesehatan yang kuat. “agar bisa dibuka bersamaan dengan bali,” kata wan rudi. Sejumlah penumpang domestik disambut ketika tiba di bandara i gusti ngurah rai, kuta, bali.

Tempor/johannes p. Christo salah satu inovasi layanan resort di lagoi, bintan, kata wan rudi, adalah pemisahan hotel untuk turis asing dan pelancong domestik. Pengunjung mancanegara pun diwajibkan tinggal di sarana isolasi selama beberapa hari agar boleh masuk ke kawasan wisata. Dalam kondisi normal, kata dia, bintan bisa menyambut 2.000 turis asing per hari atau 700 ribu orang per tahun.

Pelancong asing terdekat datang dari singapura dan malaysia lewat kapal feri. Sekretaris umum asosiasi travel agent indonesia (astindo), pauline suharno, berharap para agen pariwisata dilibatkan dalam promosi paket wisata sci. Di tengah kesulitan bisnis selama masa pandemi covid-19, dia memastikan 9.500 agen travel anggota astindo konsisten mempelajari pangsa pasar dan perubahan tren wisata global. “selalu ada pelatihan dan interaksi dengan agen di luar negeri.

Kami berusaha menangkap semua peluang yang ada.” wakil ketua umum association of the indonesian tours and travel agencies (asita), budijanto ardiansyah, menyebutkan biro perjalanan baru bisa membuka paket wisata ke beberapa destinasi, seperti turki dan dubai, tapi permintaan minim. “hanya layanan dari indonesia ke sana. Yang masuk ke indonesia masih belum ada,” ucapnya. Direktur utama maskapai garuda indonesia, irfan setiaputra, menyiapkan maskapainya bila ditunjuk sebagai penyedia angkutan travel bubble.


Baca Juga

0  Komentar