Menhub Akan Perketat Pengawasan Kedatangan TKI

CNN Indonesia - Bisnis   Rabu, 5 Mei 2021

img

Menhub akan perketat pengawasan kedatangan tki jakarta, cnn indonesia -- menteri perhubungan (menhub) budi karya sumadi akan memperketat pengawasan pada tenaga kerja indonesia (tki) atau pekerja migran indonesia (pmi) yang datang dari sejumlah negara tetangga jelang lebaran 2021 ini. Pengetatan pengawasan akan diberlakukan pada titik-titik perbatasan yang menjadi pintu masuk para pekerja migran tersebut. "isu yang kedua adalah banyaknya pekerja migran indonesia dari malaysia, singapura, hong kong yang pulang ke indonesia. Ini dibutuhkan suatu pengetatan yang sesuai dengan ketentuan," ujarnya dalam diskusi bertajuk jaga keluarga, tidak mudik, rabu (5/5).

#div-gpt-ad-1589441958861-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } budi memastikan pekerja migran harus mematuhi protokol pencegahan covid-19 sebelum melanjutkan perjalanan ke daerah asal. Hal tersebut tetap dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku serta secara humanis. "saudara kita harus melakukan pcr test, setelah itu ada isolasi karantina selama empat hari, lalu pcr lagi. Lalu, bisa melakukan kegiatan dan perjalanan berikutnya," ujarnya.

Dalam hal ini, ia menuturkan akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak yakni kementerian luar negeri dan pemerintah daerah (pemda). Khususnya, pemda pada wilayah yang menjadi pintu masuk para pekerja migran seperti kepulauan riau, medan, kalimantan barat, kalimantan utara, maupun di sejumlah terminal dan pelabuhan kedatangan pekerja migran. "kami juga melakukan pengetatan atas kedatangan mereka-mereka yang akan datang di beberapa tempat seperti cengkareng, surabaya, entikong, batam, dan lainnya, karena pergerakan ini harus kami lakukan pengamatan," jelasnya. Sebelumnya, pernyataan serupa disampaikan oleh menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (menko pmk) muhadjir effendy.

Ia menyatakan pemerintah bakal memperketat pengawasan para pendatang dari luar negeri, termasuk kepulangan pekerja migran. Langkah itu ditempuh guna mencegah masuknya varian baru virus corona ke indonesia yang berasal dari pendatang dari luar negeri. "dia harus diwaspadai betul karena sekarang ini pemerintah indonesia sedang fokus betul-betul mencegah masuknya varian baru," kata muhadjir melalui keterangan tertulis. Menurutnya, banyak pekerja migran indonesia yang mulai pulang ke tanah air.


Baca Juga

0  Komentar