Panas Kadin Sebelum Munas

Koran Tempo   Kamis, 27 Mei 2021

img

Panas kadin sebelum munas jakarta – kabar mundurnya jadwal pelaksanaan musyawarah nasional (munas) viii kamar dagang dan industri ( kadin ) indonesia memunculkan dugaan adanya kekisruhan dalam penyelenggaraannya. Rencana perubahan jadwal dan lokasi munas tertuang dalam surat yang dikeluarkan dewan pertimbangan kadin indonesia kepada ketua asosiasi dan anggota luar biasa, kemarin. Perhelatan yang seharusnya diselenggarakan pada 2-4 juni di nusa dua, bali, itu digeser menjadi 30 juni mendatang di kendari, sulawesi tenggara. surat dengan nomor 405/dp5/v/2021 itu menyatakan, dengan mundurnya jadwal munas , proses pendaftaran anggota luar biasa peserta konvensi juga diperpanjang sampai batas waktu yang belum ditetapkan. Wakil ketua umum bidang perdagangan kadin indonesia yang juga ketua komite pengarah munas, benny soetrisno, menuturkan, pembatalan merupakan arahan langsung dari presiden joko widodo.

Ia mengaku tidak ada pernyataan resmi perihal arahan tersebut. "permintaan secara verbal diterima ketua umum kadin, rosan p. Roeslani, dari pemerintah," ujar dia kepada tempo , kemarin. Ketua umum kamar dagang dan industri (kadin) indonesia, rosan p.

Roeslani (kiri), dalam munas kadin ke-vii di trans hotel, bandung, jawa barat, 24 november 2015. Tempo/prima mulia. Benny mengimbuhkan, persiapan pelaksanaan munas kadin sebetulnya sudah nyaris matang. Kadin pun telah bekerja sama dengan telkomsel untuk memastikan kesiapan jaringan telekomunikasi selama musyawarah berlangsung.

Selain itu, panitia sudah memesan hotel tempat munas. Menurut benny, munas rencananya dilaksanakan di bali dengan pertimbangan untuk membantu pemulihan ekonomi di daerah wisata. Ia berujar, bila jadwal munas diundur, panitia akan menanggung banyak kerugian. “kami rugi semuanya.

Di samping rugi waktu, juga rugi materi,” ujar benny. Rencana pelaksanaan munas kadin dibahas dalam rapat panitia dua hari terakhir. Dua sumber yang mengetahui jalannya rapat tersebut menyampaikan, jadwal munas diundur sampai 30 juni 2021. Selain mundur, lokasi munas berpotensi berpindah ke kota kendari.

“keputusan itu sepihak,” kata kedua sumber tersebut. Ketua kadin bali, i made ariandi, berujar, sampai saat ini belum ada pemberitahuan secara formal ihwal penundaan acara munas viii kadin. Menurut made, seluruh kelengkapan acara sudah disiapkan, seperti paper kit untuk acara tersebut yang sudah tiba di bali. Selain itu, panitia pelaksana telah memesan kamar hotel dan sarana transportasi.

"sudah ada 250 kamar dan disediakan mobil alphard untuk sarana transportasi. Kami sudah siapkan selama enam bulan," kata dia. Made mengklaim bali merupakan daerah yang paling siap untuk menyelenggarakan munas. Selain bali, beberapa daerah turut mengajukan diri sebagai tuan rumah, yaitu batam, manado, jakarta, surabaya, sumatera utara, dan kepulauan riau.

Apabila memang harus ditunda, made berharap lokasi acara tidak dipindahkan. Dia berpendapat, munas kadin bisa dilakukan bersamaan dengan pesta kesenian bali xliii 2021 pada 12 juni hingga 10 juli mendatang. "bali satu-satunya daerah yang ada green zone. Pelaku usaha juga sudah divaksin.

Kawasan sanur menjadi salah satu wilayah bebas corona atau free covid-19 corridor. Hampir 40 persen masyarakatnya divaksin," kata dia. Adapun ketua panitia penyelenggara munas viii kadin, nita yudi, menegaskan pelaksanaan munas belum diputuskan untuk diundur dan dipindahkan. Ia menyatakan, panitia penyelenggara masih terus bekerja mempersiapkan munas di bali berdasarkan keputusan rapat dewan pengurus lengkap.

“kalau mau dipindah tempatnya dan waktunya, itu semua tergantung hasil rapat dewan pengurus lengkap,” ujarnya. Dua calon telah mendaftarkan diri sebagai bakal kandidat ketua umum kadin menggantikan rosan p. Roeslani dalam munas mendatang. Keduanya adalah direktur utama pt bakrie brothers tbk, anindya novyan bakrie, dan presiden direktur pt indika energy tbk, arsjad rasjid.

Kedua kandidat telah menggelar safari dan kampanye ke daerah. Anindya disebut mendapat banyak dukungan dari kadin daerah. Sementara itu, arsjad disokong oleh beberapa kadin daerah serta sejumlah menteri kabinet indonesia maju, yakni menteri perdagangan muhammad lutfi, menteri investasi/kepala badan koordinasi penanaman modal bahlil lahadalia, menteri perhubungan budi karya sumadi, serta menteri kelautan dan perikanan sakti wahyu trenggono. Dalam pelaksanaan pemilihan nanti, suara untuk kandidat akan dihimpun dari kadin daerah dan asosiasi.

Tiap-tiap kadin daerah memiliki hak tiga suara. Dengan demikian, dari 34 provinsi, total suara untuk kadin daerah berjumlah 102. Sedangkan 120 asosiasi yang terdaftar sebagai mitra kadin akan diberikan hak suara sebanyak 30. Setelah diakumulasi, total pemilih kadin daerah dan asosiasi berjumlah 132 suara..


Baca Juga

0  Komentar