Pekan Depan, DPR Bahas Anggaran Rp 1.760 Triliun untuk Alutsista

Msn - Berita   Sabtu, 29 Mei 2021

img

Pekan depan, dpr bahas anggaran rp 1.760 triliun untuk alutsista tempo.co, jakarta - anggota komisi i dpr ri tb hasanuddin mengatakan anggaran rp 1.760 triliun untuk pengadaan alat utama sistem persenjataan ( alutsista ) yang dibuat kementerian pertahanan, masih sebatas rencana. Meski begitu, ia mengakui rencana itu memang ada. "mungkin minggu depan akan didiskusikan saat membahas rencana kerja dan anggaran kementerian negara/lembaga (rkak/l)," ujar tb hasanuddin saat dihubungi tempo, sabtu, 29 mei 2021. Tb mengatakan anggaran ini masih sebatas rencana yang harus mendapat persetujuan presiden, menteri keuangan, dan dpr.

Bila menkeu menyetujui, kata dia, rencana pengadaan ini akan sangat mengakselerasi modernisasi alutsista tni. Meski begitu ia tak yakin anggaran akan disetujui sepenuhnya. "tentu kita semua berharap dalam pengadaan nanti tetap memperhatikan akuntabilitas dan sesuai dengan kebutuhan user (pemakai) dalam hal ini tni ," kata dia. Hasanuddin mengatakan nyaris seluruh alutsista yang dimiliki indonesia sudah tua bahkan banyak yang merupakan hibah negara asing.

Politikus pdip itu pun menilai modernisasi alutsista telah menjadi satu kebutuhan agar anggaran tni tidak habis untuk pemeliharaan alutsista yang sudah tak layak pakai. "pada prinsipnya saya setuju untuk memoderenisasi alutsista tni yang hampir 70 persen sudah tua. Tetapi memang anggaran yang dibutuhkan cukup besar. Tapi karena masih dalam suasana pandemi dan sektor lainnya juga masih membutuhkan anggaran maka silakan menteri keuangan untuk mempertimbangkan anggarannya," kata dia.


Baca Juga

0  Komentar