Rangkuman Covid: Aturan Tarawih Hingga SIKM Mudik Lebaran

CNN Indonesia - Peristiwa   Jumat, 9 April 2021

img

Rangkuman covid: aturan tarawih hingga sikm mudik lebaran update corona 9 april jakarta, cnn indonesia -- masuk tahun kedua virus corona (covid-19) mewabah di indonesia, kasus positif harian per hari ini, jumat (9/4), masih di angka 5.265 orang. Berdasarkan grafik pada situs covid19.go.id, jumlah kasus harian mulai menurun dibanding ketika kasus memuncak di bulan januari. Namun, angkanya masih jauh lebih besar dibanding tahun lalu pada bulan yang sama. Pada awal april 2020, jumlah kasus harian rata-rata masih di bawah 500 orang.

Kini, total kasus covid-19 di indonesia sudah mencapai 1.558.145, dengan jumlah kasus meninggal mencapai 42.348 orang dan kasus sembuh 1.405.659 orang. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } berikut peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di indonesia dalam 24 jam terakhir yang dirangkum cnnindonesia.com. Tarawih dilarang di zona merah kementerian agama melarang kegiatan ibadah berjamaah selama bulan ramadhan, seperti salat tarawih dan witir, tadarus al quran, iktikaf dan peringatan nuzulul quran, di daerah zona merah dan oranye. Mengenai hal itu, kemenag telah mengeluarkan aturan terkait kegiatan ibadah di bulan ramadhan melalui surat edaran no.

3 tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadhan dan idul fitri 1442 hijriah. Sikm mudik lebaran satuan tugas penanganan covid-19 mewajibkan pelaku perjalanan yang terpaksa bepergian selama libur panjang lebaran 2021 memiliki surat izin keluar/masuk (sikm). Aturan ini disampaikan melalui surat edaran ketua satgas covid-19 no. 13 tahun 2021 tentang peniadaan mudik hari raya idul fitri dan upaya pengendalian penyebaran covid-19 selama bulan ramadan.

Sikm hanya diperuntukkan bagi pekerja di beberapa sektor seperti logistik, atau yang memiliki keperluan mendesak. Selain sikm, pelaku perjalanan juga perlu memiliki surat keterangan negatif covid-19 dengan pemeriksaan pcr, antigen atau genose. Pengawasan kepemilikan sikm dan hasil pemeriksaan akan dilakukan di pintu kedatangan atau pos kontrol di rest area, perbatasan kota besar, titik pengecekan dan titik penyekatan daerah aglomerasi. Cari vaksin karena embargo menteri kesehatan budi gunadi sadikin mengaku sedang melobi perusahaan farmasi china, sinovac supaya bisa menambah 90-100 juta dosis vaksin covid-19 untuk indonesia.

Negosiasi dilakukan demi menanggulangi permasalahan embargo dari beberapa negara, termasuk india, yang mengakibatkan ada potensi kendala pada vaksinasi di indonesia. Ditambah, indonesia juga kehilangan 10 juta dosis vaksin yang seharusnya diterima dari aliansi global untuk vaksin dan imunisasi (gavi). Kemungkinan besar vaksin yang diterima hanya 1,3 juta-1,4 juta dosis. Juru bicara vaksinasi dari kementerian kesehatan siti nadia tarmizi mengatakan pihaknya akan tetap mengupayakan herd immunity atau kekebalan tubuh terbentuk akhir tahun 2021, meskipun ada kendala embargo.

Hingga saat ini, vaksinasi covid-19 diterima hingga dosis kedua pada 4.943.231 orang. Sementara vaksinasi dosis pertama diterima 9.784.278 orang. Vaksin terawan dominan peneliti asing badan pengawas obat dan makanan (bpom) mengungkap tim peneliti vaksin nusantara yang diinisiasi mantan menteri kesehatan terawan agus putranto didominasi tim peneliti dari luar negeri. Kepala bpom penny k.

Lukito mengatakan tim peneliti vaksin nusantara merupakan sponsor dari avita biomedical asal amerika serikat. Padahal, vaksin tersebut sering disebut-sebut sebagai karya anak bangsa. Penny bercerita dalam diskusi hasil uji klinis i, tim peneliti asing yang mempresentasikan, membela dan berdiskusi tentang hasil uji klinis di hadapan bpom. Kemudian, bpom mendapati ternyata proses produksi memang dilakukan tim peneliti asing.


Baca Juga

0  Komentar