Rangkuman Covid: Fase Terendah di DKI hingga Klaster Solo

CNN Indonesia - Peristiwa   Rabu, 19 Mei 2021

img

Rangkuman covid: fase terendah di dki hingga klaster solo update corona 19 mei 2021 1. Rangkuman covid: fase terendah di dki hingga klaster solo 2. Vaksin gratis jakarta, cnn indonesia -- data satuan tugas (satgas) penanganan covid-19 mencatat sebaran kasus virus corona di indonesia saat ini telah mencapai 1,7 juta kasus. Dari jumlah itu, 1,6 juta orang telah pulih, sementara 48 ribu orang dinyatakan meninggal dunia.

Kondisi kasus covid-19 yang mulai melandai itu lantas dikhawatirkan akan mengalami 'tsunami covid-19' serupa seperti beberapa negara lain. Sebab, indonesia berpotensi mengalami kenaikan kasus menjelang libur panjang lebaran. Namun pemerintah menyatakan kasus covid-19 pasca lebaran kini relatif masih terkendali, sebab kasus aktif saat ini 5,3 persen, lebih rendah dibanding rata-rata global sebesar 11,09 persen. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } kendati begitu, kini, klaster-klaster penularan baru mulai kembali muncul di permukaan, mulai dari klaster tarawih, klaster perkumpulan jamaah di bogor, hingga klaser buka bersama di solo.

Pun pemerintah mulai mengungkap banyak kasus muncul dari pemudik dan wisatawan melalui tes acak. Cnnindonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut. Dki masuk fase terendah gubernur dki jakarta anies baswedan mengatakan saat ini tingkat penyebaran virus corona di ibu kota masuk dalam fase terendah sepanjang pandemi berlangsung. Ia berharap kondisi tetap bertahan sampai akhirnya pandemi usai.

"kami ingin ibu kota stabil dan kondisi pandemi yang masih sedang terjadi di jakarta ini masuk di fase yang paling rendah selama satu tahun terakhir ini," ungkap anies di km 34b cibatu tol cikampek arah jakarta, rabu (19/5). Klaster bukber di solo wali kota solo gibran rakabuming raka mengaku kecolongan atas kemunculan klaster baru covid-19 di rt 6 rw 7 kelurahan sumber, kecamatan banjarsari. Pasalnya, klaster di kawasan tersebut berada tak jauh dari rumahnya. Klaster perumahan tersebut diduga muncul karena warga di rt 6 rw 7 menggelar acara buka bersama (bukber).

Akibatnya 20 warga terkonfirmasi positif covid-19 setelah satuan tugas penanganan covid-19 kota solo melakukan testing secara menyeluruh. Klaster covid bogor sebanyak 25 warga di perumahan griya melati di kelurahan bubulak, kota bogor terkonfirmasi positif covid-19. Kasus di kawasan ini diduga terjadi berawal dari kegiatan keagamaan di masjid perumahan. Akibat puluhan warga terinfeksi covid-19, wali kota bogor bima arya selaku ketua satgas penanganan covid-19 setempat, menutup sementara akses masuk ke kawasan perumahan tersebut.

203 tki sumut dan kepri positif covid-19 menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan (menko pmk) muhadjir effendy mencatat sebanyak 170 pekerja migran indonesia (pmi) dari kepulauan riau (kepri) dan 33 pmi dari sumatera utara positif terpapar virus corona berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan terhadap mereka setibanya di tanah air. Dengan temuan itu, pemerintah menurutnya kini tengah meningkatkan upaya antisipasi terhadap munculnya mutasi virus sars-cov-2 di sumatera dengan melakukan whole genome sequence (wgs). Tki dari malaysia akan dites genome menteri kesehatan budi gunadi sadikin mengaku akan mulai melakukan tes pencarian strain virus baru whole genome sequence (wgs) terhadap seluruh warga negara indonesia (wni) yang baru datang di malaysia, khususnya wni di pulau sumatera. Hal itu mengingat saat ini sumatera menjadi penyumbang kumulatif temuan mutasi virus sars-cov-2 terbanyak di indonesia.

Tercatat, sudah ada lima kasus varian b1617 dan tiga varian b117 yang teridentifikasi di sumatera. "orang-orang yang masuk dari malaysia yang positif langsung dilakukan genome sequencing saja," kata budi jokowi minta vaksin riau diperbanyak presiden joko widodo (jokowi) memerintahkan menteri kesehatan budi gunadi sadikin mengirim lebih banyak jumlah vaksin covid-19 ke provinsi riau.menurutnya, vaksin-vaksin itu dibutuhkan untuk dipakai dalam pelaksanaan program vaksinasi covid-19 di pekanbaru dan dumai. Sebab per selasa (18/5), riau menempati urutan ketiga provinsi dengan penambahan kasus covid-19 terbanyak, yakni dengan 321 kasus, di bawah jawa barat dan jawa tengah. Sementara, jumlah total kasusnya 52.311 orang dan 1.363 kematian.


Baca Juga

0  Komentar