Rangkuman Covid: Klaster Tarawih, Wajib Isolasi Usai Mudik

CNN Indonesia - Peristiwa   Selasa, 18 Mei 2021

img

Rangkuman covid: klaster tarawih, wajib isolasi usai mudik update corona 18 mei jakarta, cnn indonesia -- virus corona (covid-19) mewabah di indonesia sejak maret 2020 lalu dan kini telah ada 1,7 juta kasus positif sejak pertama kali diumumkan. Berbagai langkah pun telah dilakukan pemerintah guna menanggulangi pandemi covid-19. Seiring berjalannya waktu, perkembangan peristiwa dan informasi terkait virus corona terus terjadi. Untuk itu, cnnindonesia.com merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di indonesia dalam 24 jam terakhir.

Pemakaian vaksin gotong royong presiden joko widodo menyatakan 19 perusahaan sudah mulai melaksanakan program vaksinasi covid-19 gotong royong pada selasa (18/5) ini. Belasan perusahaan itu bergerak di sektor manufaktur. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } ketua umum kamar dagang dan industri indonesia (kadin) rosan p roeslani juga mengatakan total telah ada 22.736 perusahaan yang sudah mendaftar program vaksin gotong royong. Jumlah karyawan yang terdaftar sebanyak 10 juta orang.

Perkembangan vaksin merah putih satuan tugas (satgas) penanganan covid-19 memastikan kandidat vaksin merah putih yang disebut sebagai buatan anak bangsa akan dialokasikan untuk program vaksinasi nasional atau dipastikan bukan untuk vaksin gotong royong. Sejauh ini, ada enam institusi atau lembaga yang ikut mengembangkan vaksin tersebut dengan platform yang berbeda. Diantaranya eijkman, lembaga ilmu pengetahuan indonesia (lipi), universitas indonesia, institut teknologi bandung, universitas airlangga, dan universitas gadjah mada. Zona merah di jawa sisa dua satgas penanganan covid-19 mencatat perkembangan wilayah dengan risiko penularan tinggi atau zona merah di pulau jawa hanya tersisa di kabupaten sleman, di yogyakarta dan kota salatiga, jawa tengah dalam sepekan terakhir.

Berdasarkan data perkembangan terakhir satgas covid-19 per 16 mei 2021, terdapat total 7 kabupaten/kota yang masuk zona merah. Jumlah daerah yang masuk zona merah pada pekan ini berkurang dibanding data pekan lalu yang mencatat 12 wilayah zona merah. Klaster tarawih sebanyak 21 warga perumahan bukit hijau dan permata hijau kelurahan tlogomas, kota malang, jawa timur, dilaporkan positif terinfeksi virus corona varian baru yang berasal dari klaster tarawih di masjid. Dari total 21 orang yang terkonfirmasi positif covid-19, sebagian besar menjalani isolasi di rumah sakit lapangan idjen boulevard, safe house di jalan kawi, dan fasilitas penanganan covid-19 lainnya di kota malang.

Sementara tiga warga lainnya isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sindiran menkes menteri kesehatan budi gunadi sadikin mewanti-wanti agar para pimpinan daerah terus berupaya memperbanyak jumlah kapasitas pemeriksaan virus corona. Bukan malah memperkecil jumlah cakupan tes harian. Budi menyebut ada beberapa pihak dalam forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) yang sengaja menekan jumlah tes harian agar temuan warga covid-19 di wilayahnya dilaporkan sedikit.

Harapannya, wilayah yang mereka pimpin dapat masuk kategori zona hijau. Isolasi usai mudik kementerian kesehatan meminta warga yang kembali dari kampung halaman usai idulfitri untuk mengisolasi diri secara mandiri di rumah masing-maing. Direktur pencegahan dan pengendalian penyakit menular langsung (p2pml) kemenkes siti nadia tarmizi berharap upaya itu mampu meminimalisir transmisi virus corona dalam lingkup keluarga hingga komunitas terkecil. Data kasus covid data harian yang dirilis satuan tugas penanganan covid-19 menyatakan ada 4.185 kasus positif baru pada hari ini, selasa (18/5).

Jumlah kasus positif menjadi 1.748.230. Dari jumlah itu, sebanyak 1.612.2389 diantaranya telah sembuh dan 48.477 lainnya meninggal dunia usai terinfeksi covid-19. Pasien sembuh bertambah 5.628, sementara pasien wafat bertambah 172 dari hari sebelulmnya. (khr/bmw) [gambas:video cnn].


Baca Juga

0  Komentar