Rangkuman Covid: Rekor Positif dan Kematian, Jakarta Darurat

CNN Indonesia - Peristiwa   Jumat, 2 Juli 2021

img

Rangkuman covid: rekor positif dan kematian, jakarta darurat update corona 2 juli jakarta, cnn indonesia -- kasus covid-19 terus melonjak sejak juni 2020 hingga berkali-kali pecah rekor. Terbaru pada jumat (2/7) ini, kasus harian covid-19 bertambah 25.830. Jumlah tersebut sekaligus menjadi penambahan tertinggi selama pandemi berlangsung sejak maret 2020. Tak hanya kasus positif, angka kematian harian juga tembus rekor mencapai 539 kasus.

Dengan demikian kumulatif kematian mencapai 59.534 orang. Sementara kasus sembuh sebanyak 1.901.865 dengan penambahan 11.578 dari hari sebelumnya. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } demi menekan laju penyebaran covid-19, pemerintah menerapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) darurat di jawa dan bali yang berlaku 3 juli hingga 20 juli 2021. Cnnindonesia.com merangkum peristiwa terkait covid-19 sepanjang 24 jam terakhir, berikut ulasannya: bpom sidak ivermectin ilegal badan pengawas obat dan makanan (bpom) melakukan inspeksi ke gudang obat ivermectin ke pt harsen yang diduga melakukan produksi obat ilegal produksi ilegal yang dilakukan pt harsen adalah menggunakan bahan baku dan kemasan yang tidak sesuai ketentuan, waktu kedaluwarsa tidak sesuai, proses distribusi tak resmi.

Izin darurat vaksin moderna diterbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use of authorization (eua) dikeluarkan bpom untuk vaksin moderna. Dengan begitu, vaksin asal amerika serikat ini bisa langsung digunakan begitu tiba di indonesia. Bpom menyebut vaksin moderna bisa digunakan bagi warga usia 18 tahun ke atas. Vaksin ini juga diklaim aman disuntikkan bagi penderita komorbid atau penyakit bawaan seperti jantung, obesitas, diabetes, paru-paru kronis, hingga hiv.

Target testing 400 ribu per hari menteri kesehatan budi gunadi sadikin mengatakan pihaknya akan meningkatkan testing hingga 400 ribu orang per hari. Saat ini kapasitas testing harian di indonesia hanya sekitar 100 ribu kasus per hari. Peningkatan itu akan dilakukan terutama di daerah dengan tingkat penularan virus covid-19 tinggi. Bansos pada pertengahan juli menteri koordinator bidang pembangunan manusia dan kebudayaan muhadjir effendy menyebut bantuan sosial (bansos) dalam rangka penanganan covid-19 saat penerapan ppkm darurat paling lambat diserahkan pertengahan juli 2021.

Muhadjir mengatakan bansos akan diprioritaskan kepada keluarga penerima manfaat yang juga telah terdaftar di kementerian sosial. Pemerintah akan atur harga obat covid-19 juru bicara vaksinasi dari kementerian kesehatan (kemenkes) siti nadia tarmizi mengatakan pemerintah berencana mengeluarkan aturan terkait batas harga obat covid-19. Nadia tidak menyebut detail waktu aturan itu akan dikeluarkan. Namun, ia memastikan aturan akan dikeluarkan dalam waktu dekat karena sudah memasuki tahap akhir.

Larangan soal perayaan iduladha menteri agama yaqut cholil qoumas menyatakan salat iduladha 1442 hijriah secara berjemaah di fasilitas umum seperti lapangan terbuka atau masjid di daerah yang masuk dalam ppkm darurat resmi ditiadakan. Tak hanya itu, dia juga melarang dilakukan takbir keliling dengan kendaraan, dengan jalan kaki, atau di masjid selama ppkm darurat berlangsung. Pembagian hewan kurban pun tak boleh menggunakan kupon, tetapi akan dibagikan dari rumah ke rumah. Jakarta darurat gubernur dki jakarta anies baswedan menetapkan ibu kota dalam keadaan genting.

Warga diminta tidak beraktivitas di luar rumah.pesan ini disampaikan usai apel aman nusa ii penanganan covid-19 di polda metro jaya, jumat (2/7). "pesan kepada seluruh masyarakat jakarta, bahwa jakarta sedang dalam keadaan genting, situasi darurat," kata anies. Anies meminta kepada masyarakat untuk tetap berada di rumah dan tidak berpergian. Kecuali, ada kebutuhan yang mendesak dan mendasar.


Baca Juga

0  Komentar