Rangkuman Covid: Stok Vaksin Jateng Minim, AstraZeneca Wajib

CNN Indonesia - Peristiwa   Rabu, 24 Maret 2021

img

Rangkuman covid: stok vaksin jateng minim, astrazeneca wajib update corona 24 maret jakarta, cnn indonesia -- total kasus positif virus corona (covid-19) di indonesia per hari ini, rabu (24/3), telah mencapai 1.476.452 orang. Dari jumlah itu, sebanyak 1.312.543 orang dinyatakan sembuh dan 39.983 orang meninggal dunia. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menekan laju penularan virus corona, mulai dari pembatasan mobilitas warga hingga kini melakukan program vaksinasi covid-19. Cnnindonesia.com merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di indonesia dalam 24 jam terakhir.

Berikut rangkumannya. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } vaksin nusantara disetop wakil ketua dpr sufmi dasco ahmad menyayangkan penelitian vaksin nusantara yang disetop sementara. Vaksin yang digagas mantan menteri kesehatan terawan agus putranto itu dinilai belum melengkapi laporan hasil penelitian. Badan pengawas obat dan makanan (bpom) masih meminta kelengkapan dokumen cara pembuatan obat yang baik (cpob) dari tim vaksin nusantara, sebelum bpom mengeluarkan pemberian persetujuan pelaksanaan uji klinik (ppuk) uji klinis ii.

Dasco menyatakan penggunaan vaksin nusantara harus didorong untuk kemajuan bangsa dan negara indonesia. Politikus partai gerindra itu menilai seharusnya bpom membolehkan vaksin nusantara masuk tahap berikutnya seperti yang sudah dibahas dalam rapat kerja bersama komisi ix dpr pada 10 maret. Stok vaksin di jateng minim gubernur jawa tengah (jateng) ganjar pranowo mengatakan stok vaksin covid-19 yang terbatas dari pemerintah pusat menjadi kendala utama jalannya program vaksinasi di wilayahnya. Ganjar menyebut pihaknya sejauh ini masih mendapat jatah vaksinasi sebesar 24.363.660 dosis.

Puluhan juta vaksin itu digunakan untuk menyasar tenaga kesehatan, warga lanjut usia (lansia), dan petugas pelayanan publik. "kalau kendala pertama sebenarnya jumlah vaksin," kata ganjar dalam acara daring yang disiarkan melalui kanal youtube lawan covid19 id, rabu (24/3). Ganjar khawatir stok vaksin mempengaruhi antusiasme warga jateng. Politikus pdip itu mengaku akan berupaya mengatur sasaran serta laju vaksinasi di jateng.

Uji klinis vaksin merah putih lembaga biologi molekuler (lbm) eijkman menargetkan uji klinis vaksin buatan dalam negeri, merah putih akhir 2021. Saat ini, vaksin merah putih masih dalam tahap transisi dari penelitian dan pengembangan menuju industri. "uji klinis fase 1 diharapkan kuartal ke-4 tahun ini ya. Kira-kira bulan september atau oktober," kata kepala lbm eijkman amin soebandrio kepada cnnindonesia.com, rabu (24/3).

Amin menuturkan uji klinis tahap i hingga iii akan dimulai setelah seluruh penyerahan bibit vaksin selesai. Setelah itu, dia berharap vaksin merah putih mendapat izin penggunaan darurat (eua) dari bpom pada pertengahan 2022. "diharapkan pada pertengahan 2022 sudah mendapatkan emergency use authorization dari badan pom," ujarnya. Pbnu: vaksinasi astrazeneca wajib sekretaris jenderal pengurus besar nahdlatul ulama (pbnu) helmy faishal zaini mengatakan penggunaan vaksin covid-19, astrazeneca dalam kondisi darurat hukumnya wajib.

"pada prinsipnya, penggunaan vaksin astrazeneca dalam kondisi sebagaimana yang kita tahu, yakni kondisi darurat, bukan saja diperbolehkan, bahkan masuk kategori wajib," kata dia, dalam keterangan resminya, rabu (24/3). Helmy lantas menyinggung hasil kajian ilmiah dari para ulama melalui lembaga bathsul masail pwnu jatim terkait penggunaan vaksin astrazeneca. Menurutnya, para ulama telah melakukan kajian yang menyatakan bahwa vaksin astrazeneca suci dan halal. Sebelumnya, mui mengungkapkan vaksin astrazeneca haram karena mengandung enzim tripsin dari pankreas babi.

Kendati begitu, vaksin tetap boleh atau mubah digunakan dalam keadaan darurat. Ubah target vaksinasi epidemiolog universitas griffith australia dicky budiman meminta pemerintah merevisi target 12-15 bulan program vaksinasi menyusul perpanjangan interval alias jarak waktu antara suntikan dosis vaksin corona pertama dengan suntikan kedua sinovac yang menyasar usia 18-59 tahun menjadi 28 hari. Dicky menyebut secara studi, rata-rata interval pemberian vaksin berada di kisaran 4 minggu. Namu,n mengingat vaksin astrazeneca yang memiliki interval hingga 12 minggu, maka menurutnya pemerintah harus menyusun kembali peta jalan vaksinasi nasional.

Sementara selama ini, kementerian kesehatan menargetkan vaksinasi akan rampung dalam 15 bulan atau pada maret 2022. Sementera jokowi menargetkan vaksinasi rampung dalam setahun. "target harus disesuaikan, selain yang pertama target setahun tidak realistis dengan kondisi konteks indonesia. Kedua, kita harus revisi road mapnya sesuai perpanjangan masa interval, jadi disesuaikan perkembangan terbaru," kata dicky saat dihubungi cnnindonesia.com, rabu (24/3).

Dilarang unggah sertifikat vaksin di medsos pemerintah melarang seluruh peserta vaksinasi covid-19 mengunggah sertifikat vaksin ke media sosial (medsos). Larangan ini merespons tren warganet memamerkan bukti telah menjalani vaksinasi. Juru bicara pemerintah untuk penanganan covid-19 wiku adisasmito mengatakan aksi mengunggah sertifikat vaksin berbahaya. Menurutnya, data pribadi bisa bocor karena aksi tersebut.

"pemerintah meminta kepada para penerima vaksin covid-19 yang sudah mendapat sertifikat bukti telah divaksin agar tidak mengunggahnya ke media sosial ataupun juga mengedarkannya," kata wiku. Dosis pertama vaksin hampir capai 6 juta kementerian kesehatan mencatat sebanyak 5.978.251 orang telah menerima suntikan dosis vaksin covid-19 asal perusahaan china, sinovac. Sementara 2.709.545 orang telah rampung menerima dua dosis suntikan vaksin covid-19 di indonesia. Program vaksinasi nasional sendiri telah berjalan sejak 13 januari lalu, dan ditargetkan akan rampung pada desember 2021 hingga maret 2022.

Program ini nantinya diharapkan dapat mencapai herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus corona. Data covid-19 24 maret 2021 data harian yang dirilis satuan tugas penanganan covid-19 per hari ini rabu (24/3) mencatat terdapat penambahan kasus covid-19 baru sebanyak 5.277 orang pada hari ini. Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 7.622 kasus, dan pasien meninggal bertambah 118 kasus. Secara kumulatif, sebanyak 1.476.452 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.


Baca Juga

0  Komentar