Rangkuman Covid: Varian India hingga Larangan Mudik Lokal

CNN Indonesia - Peristiwa   Senin, 3 Mei 2021

img

Rangkuman covid: varian india hingga larangan mudik lokal update corona 3 mei 1. Rangkuman covid: varian india hingga larangan mudik lokal 2. Update data kasus covid-19 jakarta, cnn indonesia -- wabah global covid-19 dalam 15 bulan telah mengakibatkan 153 juta lebih warga dunia terpapar virus corona. Sementara di indonesia, pandemi covid-19 telah menyebabkan sebanyak 1,6 juta warga terinfeksi.

Dari jumlah itu, 45 ribu lebih warga meninggal dunia. Guna meminimalisir sebaran dan transmisi covid-19, pemerintah telah menerapkan pelbagai kebijakan, mulai dari pembatasan mobilitas warga hingga program vaksinasi nasional yang diharapkan mampu mencapai target herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus. Namun demikian, di tengah program vaksinasi yang berjalan, perkembangan virus corona terus bermutasi dan menciptakan varian baru yang dikhawatirkan oleh ahli dunia mampu menurunkan efektifitas pemberian vaksin covid-19 dalam tubuh. #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } cnnindonesia.com telah merangkum peristiwa dan informasi perihal perkembangan kasus covid-19 di indonesia dalam 24 jam terakhir, sebagaimana berikut.

Varian corona india dan afsel masuk ri menteri kesehatan budi gunadi sadikin menyebut dua kasus mutasi virus sars-cov-2 asal india dengan varian b1617 telah teridentifikasi di dki jakarta, sementara satu kasus temuan varian b1351 asal afrika selatan ditemukan di bali. Dengan demikian, sejauh ini terpantau sudah ada tujuh varian corona yang berhasil teridentifikasi di indonesia, yakni varian d614g, b117, n439k, e484k, b1525, b1617, dan b1351. Harapan larangan mudik lokal ketua satuan tugas (satgas) penanganan covid-19 doni monardo meminta agar masyarakat di dalam satuan wilayah aglomerasi tidak melakukan mudik atau perjalanan ke luar daerah dan kota terdekat, menjelang idulfitri 1442 hijriah ini. Doni berharap masyarakat dapat patuh tidak mudik lokal serta pulang kampung sebagai salah satu upaya menekan potensi laju penyebaran virus corona di tengah keluarga.

"mudik lokal pun kita harapkan tetap dilarang. Jangan dibiarkan terjadi mudik lokal. Kalau terjadi mudik lokal, artinya ada silaturahmi, ada salam-salaman, ada cipika-cipiki. Artinya apa? bisa terjadi proses penularan satu sama lainnya," kata doni.

Vaksin sinopharm haram tapi boleh digunakan komisi fatwa majelis ulama indonesia (mui) menyatakan vaksin asal perusahaan farmasi china, sinopharm, yang bakal digunakan untuk program vaksinasi gotong royong haram sebab mengandung enzim babi dalam komponen pembuatannya. Namun demikian, mui tetap memberikan lampu hijau penggunaan sinopharm di tengah kondisi darurat dan keterbatasan ketersediaan vaksin di indonesia. Selain itu, vaksin dinilai merupakan salah satu upaya mengendalikan pandemi virus corona di indonesia. Guru sukabumi lumpuh pasca vaksinasi idap guillain-barre syndrome komisi nasional kejadian ikutan pasca imunisasi (komnas kipi) rampung menyelesaikan investigasi atas temuan seorang guru di sukabumi, jawa barat, susan, yang dilaporkan mengalami kelumpuhan usai menjalani vaksinasi covid-19 dosis kedua sinovac.

Ketua komnas kipi hindra irawan satari menyebut hasil diagnosis susan yang dirawat di rumah sakit hasan sadikin (rshs) bandung menyebutkan bahwa perempuan berusia 31 tahun itu menderita penyakit guillain-barre syndrome (gbs). Hindra sekaligus menegaskan bahwa temuan gbs yang dialami susan belum dapat dikatakan efek dari vaksin. Narasi mudik terpusat ikut presiden ketua satgas penanganan covid-19, doni monardo meminta kepala daerah menyatukan narasi terkait kebijakan larangan mudik pada libur idulfitri 1442 hijriah.menurut doni, narasi kepala daerah mengenai larangan mudik harus sesuai dengan pemerintah pusat. Berlanjut ke halaman berikutnya...


Baca Juga

0  Komentar