Saham Eropa Terkoreksi, Ditekan Sektor Otomotif

Investor   Kamis, 29 April 2021

img

Saham eropa terkoreksi, ditekan sektor otomotif investor.id – saham di kawasan eropa rerata ditutup terkoreksi pada perdagangan kamis (29/4/2021). Pasar mencerna musim laporan keuangan emiten di benua tersebut. Pan-european stoxx 600 ditutup turun 0,2% setelah reli di awal sesi. Saham bank melonjak 1,3% memimpin kenaikan, sementara otomotif turun 2,6%.

Sejumlah perusahaan melaporkan pendapatan seperti total, shell, dan airbus. Laba kuartal pertama shell melampaui ekspektasi dan mencatat pendapatan yang disesuaikan sebesar us$ 3,2 miliar. Shell juga menaikkan dividen sekitar 4%. Namun, saham produsen minyak itu turun 1%.

Saham total asal perancis jatuh 0,9% meskipun keuntungan melonjak ke tingkat pra-pandemi didukung harga komoditas yang lebih kuat. Kinerja kuartal pertama airbus juga sedikit mengalahkan ekspektasi. Pembuat pesawat terbesar di dunia itu melaporkan arus kas bebas yang kuat sebesar 1,26 miliar euro (us$ 1,53 miliar). Saham airbus naik 0,7%.

Linea directa spanyol, sebelumnya unit asuransi bankinter, melonjak 23% dalam debut pasarnya di madrid pada kamis untuk memimpin stoxx 600. Raksasa telekomunikasi finlandia, nokia, melonjak 8% setelah pendapatan dan laba kuartal pertama di atas ekspektasi ditopang jaringan yang kuat dan penjualan 5g. Sementara pemasok pipa baja italia, tenaris turun 6,7% setelah laba kuartal pertama meleset dari ekspektasi. Di sisi data, sentimen ekonomi zona euro melonjak pada bulan april, dengan survei bulanan komisi eropa menunjukkan optimisme naik menjadi 110,3 poin dibandingkan dengan 100,9 pada bulan maret, jauh melampaui perkiraan dalam jajak pendapat reuters.

Inflasi harga konsumen jerman tumbuh menjadi 2,1% pada bulan april, melebihi target bank sentral eropa. Data itu membuat imbal hasil obligasi jerman melonjak. Pdb as fokus pasar telah didominasi bank sentral as dan laporan pendapatan minggu ini. Pada akhir pertemuan kebijakan 2 hari pada rabu (28/4/2021), federal reserve mengatakan akan mempertahankan suku bunga mendekati nol.

Ketua fed jerome powell mengatakan pemulihan "tidak merata dan jauh dari selesai." ia menambahkan, masih belum saatnya membahas pengurangan akomodasi kebijakan, termasuk pembelian aset. Di wall street kamis, s&p 500 meraih rekor intraday baru setelah hasil pendapatan besar dari apple dan facebook. Sementara ekonomi as tumbuh 6,4% pada kuartal pertama, data menunjukkan kamis. Sementara klaim pengangguran awal untuk pekan yang berakhir 24 april turun 13.000 menjadi 553.000.


Baca Juga

0  Komentar