Saham Lippo Merana Diobral Investor, Giliran Trio MNC Ngamuk

Cnbcindonesia-market   Kamis, 27 Mei 2021

img

Saham lippo merana diobral investor, giliran trio mnc ngamuk jakarta, cnbc indonesia - tiga saham emiten grup mnc, pt bank mnc internasional tbk (babp), pt mnc kapital indonesia tbk (bcap) dan pt mnc investama tbk (bhit) serentak menjadi top gainers pada sesi ii perdagangan hari ini, kamis (27/5/2021). Penguatan ketiga saham tersebut didorong sentimen positif dari bank mnc yang baru saja resmi mengantongi izin bank digital dari otoritas jasa keuangan (ojk). Selain itu, sentimen positif lainnya ialah soal kunjungan ceo marubeni, konglomerasi bisnis perdagangan dan investasi asal jepang, kansai san di mnc center hari ini. Kunjungan tersebut berkaitan dengan peluang investasi marubeni di mnc group.

Berbeda nasib, saham emiten teknologi dan investasi grup lippo, pt multipolar tbk (mlpl) menjadi 'pecundang', seiring adanya aksi ambil untung (profit taking) para investor. Indeks harga saham gabungan (ihsg) berhasil melanjutkan penguatan pada hari ini. Ihsg naik 0,45% ke posisi 5.841,828 pada penutupan sesi ii perdagangan, kamis (27/5). Menurut data bei, ada 294 saham naik, 209 saham merosot dan 138 saham stagnan, dengan nilai transaksi mencapai rp 22,782 triliun dan volume perdagangan mencapai 25,34 miliar saham.

Investor asing pasar saham malah angkat kaki dari indonesia dengan catatan jual bersih asing mencapai rp 290,64 miliar di pasar reguler. Sementara, asing mencatatkan beli bersih di pasar negosiasi dan pasar tunai sebesar rp 205,34 miliar. Berikut 5 saham top gainers dan losers sesi ii hari ini (27/5). Mengacu pada data di atas, saham babp menjadi yang paling melonjak dengan kenaikan mencapai batas auto rejection atas (ara) 35,00% ke rp 162/saham.

Dengan penguatan ini, saham babp berhasil rebound dari penutupan selasa (25/5) lalu, ketika anjlok 4,00% ke rp 120/saham. Dalam sepekan, saham babp berhasil melejit 86,21%, sementara dalam sebulan sudah melonjak 95,18%. Penguatan saham babp terjadi seiring kabar terbaru terkait bank telah resmi mendapatkan lisensi digital on boarding dari ojk. Lisensi ini memungkinkan mnc bank untuk sepenuhnya mendigitalisasi pembukaan rekening simpanan (digital onboarding) dan mendigitalisasi layanan perbankannya dengan sebutan motion banking by mnc bank.

Pada april lalu, bank mnc memang sudah mengajukan izin digital onboarding untuk aplikasi motion kepada ojk. Adapun motion banking merupakan "digital attacker" milik mnc group untuk meramaikan euforia digitalisasi di indonesia. "keberhasilan konversi dari ekosistem mnc group yang masif akan memberi motion banking peluang untuk menumbuhkan basis pelanggannya menjadi 30 juta pelanggan dalam 4-5 tahun ke depan dan menjadi ekosistem keuangan digital terdepan," kata yudi hamka, chief technology officer mnc group, dalam keterbukaan informasi, kamis (27/5/2021). Sentimen ini ikut mendorong kenaikan saham grup mnc lainnya, termasuk saham bcap, yang melejit 31,82% ke rp 145/saham dan saham bhit yang terdongkrak 16,98% ke rp 62/saham.

Selain itu sentimen lainnya yang mendongkrak saham-saham grup mnc ialah mengenai kunjungan ceo marubeni kansai san di mnc center, membicarakan kemungkinan kerja sama antara marubeni dan grup mnc. Informasi mengenai kunjungan kansai tersebut berasal dari akun instagram hary tanoesoedibjo, yang adalah big boss mnc. " pagi ini, kamis, 27 mei 2021, saya menerima kunjungan ceo marubeni mr. Kansai san beserta jajarannya di mnc center.

Kami membicarakan peluang kerja sama dan investasi di mnc group," tulis ht, sapaan hary tanoe, dalam caption unggahan instagramnya, dikutip cnbc indonesia, kamis (27/5/2021). Di sisi lain, saham mlpl anjlok 4,72% ke rp 505/saham. Dengan ini, saham mlpl mengakhiri reli kenaikan 3 hari beruntun sejak jumat (21/5) pekan lalu. Amblesnya saham induk pengelola hypermart pt matahari putra prima tbk (mlpl) ini terjadi seiring aksi profit taking yang dilakukan investor.


Baca Juga

0  Komentar