Sial Bener! Sepi Bak Kuburan, Asing Jualan & IHSG Terjungkal

Cnbcindonesia-market   Senin, 26 April 2021

img

Sial bener! sepi bak kuburan, asing jualan & ihsg terjungkal jakarta, cnbc indonesia - indeks harga saham gabungan (ihsg) harus rela terkapar di zona merah di sesi pertama perdagangan hari ini, senin (26/4/2021). Ihsg turun 0,6% dan keluar dari level psikologis 6.000. Hingga sesi i istirahat siang ihsg berada di 5.980,7 atau turun 36,2 poin dibandingkan dengan penutupan akhir pekan lalu. Transaksi juga terbilang sepi karena hanya mencapai rp 4,6 triliun.

Asing pun masih berjualan. Data perdagangan mencatat net sell asing mencapai rp 163 miliar di pasar reguler. Saham-saham bumn dengan nilai kapitalisasi pasar besar (big cap) yang dilego asing dan harganya turun menjadi pemberat indeks. Saham pt bank rakyat indonesia tbk (bbri) dan pt bank mandiri tbk (bmri) yang ambles lebih dari 2% masing-masing dilepas asing senilai rp 147 miliar dan rp 79 miliar.

Kemudian ada juga saham pt bank tabungan negara tbk (bbtn) yang ambles hampir 3% setelah dilepas asing rp 57 miliar. Saham big cap bumn lain yakni pt telekomunikasi indonesia tbk (tlkm) juga tak luput dari aksi jual asing. Net sell asing di tlkm mencapai rp 22,9 miliar dan membuat harga saham telekomunikasi pelat merah tersebut terpangkas 1,21%. Di saat ihsg mengalami penurunan, sebanyak 180 saham menguat, 267 saham turun dan sisanya 174 stagnan.

Sentimen yang membuat ihsg terus-terusan tertekan memang banyak. Mulai dari sepinya transaksi akibat beralihnya investor ke aset kripto. Kinerja keuangan emiten yang kurang memuaskan hingga prospek pertumbuhan ekonomi yang terus terpangkas. Dalam sebulan terakhir bursa saham domestik juga terus ditinggalkan oleh investor asing.

Data perdagangan mencatat bahwa nilai aksi jual bersih (net sell) asing di bursa domestik dalam satu bulan terakhir tembus rp 5 triliun. Kini, mata uang kripto kembali bergeliat setelah pada pekan lalu sempat berjatuhan akibat aksi jual investor dan koreksi sehat setelah sempat melesat tinggi. Sebelumnya, harga kripto (bitcoin cs) sempat ambruk, setelah presiden amerika serikat (as), joe biden berencana menaikkan pajak atas capital gain menjadi 39,6%. Kebijakan pajak tersebut bakal membuat beban potongan pajak yang dinikmati seperlima investor individu terkaya as terpangkas rata-rata hingga 20% lebih.

Bloomberg melaporkan bahwa kenaikan itu bakal berlaku berjenjang. Untuk mereka yang mendapatkan keuntungan transaksi senilai us$ 1juta atau lebih, bakal dikenakan pajak 39,6%. Reuters dan the new york times juga memberitakan hal yang sama. Kenaikan pajak atas capital gain tersebut berpeluang membuat capital outflow dari pasar saham as.

Ada kemungkinan dana tersebut akan masuk ke bursa saham negara berkembang di asia dengan prospek pertumbuhan yang menarik. Salah satunya indonesia. Namun, rencana tersebut kemungkinan akan terbentur persetujuan di kongres, dengan peluang kenaikan masih bisa terjadi tetapi dalam tingkat yang lebih kecil. "kami berharap kongres akan menyetujui versi kenaikan yang sudah dikurangi...

Kami berharap kongres akan berakhir pada angka kenaikan yang lebih moderat sekitar 28%," tutur goldman sachs dalam laporan riset yang dikutip cnbc international. Namun di saat yang sama investor juga mencermati lonjakan kasus infeksi covid-19 di india yang terus mencetak rekor terbaru sehingga membuat negara tersebut kekurangan pasokan oksigen. Sentimen yang campur aduk membuat ihsg sulit untuk mengalami apresiasi dan terjebak di level 6.000 belakangan ini. Tim riset cnbc indonesia.


Baca Juga

0  Komentar