Siap Ujian Sekolah Tanpa "Deg-Degan", Yuk

Kompasiana - latest   Sabtu, 3 April 2021

img

Siap ujian sekolah tanpa "deg-degan", yuk ujian, merupakan kegiatan sakral bagi lembaga yang bernama sekolah. Begitu sakralnya, hingga tempo hari ketika ujian diselenggarakan secara serentak dengan nama un, rentetan ritualnya begitu menegangkan. Masih ingat kan, istigazah di sekolah-sekolah menjelang un? ada juga ritual minta restu orang tua yang perhelatannya dilakukan masal di sekolah. Lantas, ada lagi acara motivasi hipnoterapi untuk sukses un.

Pokoknya, banyak deh. Tidak usah saya udar semua di sini. Tujuannya pun baik. Pastinya, ritual itu diciptakan demi suksesnya un.

Berbagai ritual menyongsong ujian tersebut sesungguhnya dirancang agar siswa menjadi rileks tidak tegang. Harapannya hasil ujian nanti bisa optimal. Kenyataannya, rata-rata siswa malah menjadi tegang. Akibat ketegangan-ketegangan yang terus memborbardir di sekolah itu, banyak siswa yang hasil ujiannya tidak menggambarkan kemampuan yang sesungguhnya.

Ada juga yang stres akut sebelum ujian hingga kejang (kesurupan) masal di sekolah. Konten terkait siap tidak siap masuk sekolah pascavaksinasi covid-19? tidak ada nilai tanpa ujian ujian akhir sekolah deg-degan menunggu hasil karantina artikel deg-degan, saat tampil di kata netizen kompas tv tidak ada sekolah bermutu tanpa kepala sekolah yang bermutu soal un yang salah? aslinya tidak demikian, soal un sudah dirancang sesuai kurikulum. Anak sesungguhnya sudah menguasai. Kalaupun ada soal un yang menyimpang kelewat sukar, sesungguhnya siswa tidak akan terpengaruh.

Sebab siswa tahu bahwa kalau terjadi seperti itu, berarti semua siswa paling tidak sebagian besar siswa tidak bisa mengerjakan. Kesalahan masal seperti itu bagi siswa tidak akan menjadi beban. Jadi, ketegangan yang meluluhlantakkan mental siswa justru ritual yang teramat keramat itu, bukan soal un-nya. Gbr.popmama.com tahun kemarin, 2020 un sudah dihapuskan.

Bukan oleh corona tetapi oleh kementerian pendidikan. Gantinya, ujian sekolah tetapi juga gagal digelar secara sempurna karena virus covid menggila. Tahun 2021 ini ujian benar-benar dilaksanakan. Ujiannya dinamakan ujian sekolah (us) sebagian besar sekolah melaksanakan dalam bentuk daring..


Baca Juga

0  Komentar