Vaksin Corona Sinovac Juga Aman untuk Bumil

Sinar Harapan   Jumat, 2 Juli 2021

img

Vaksin corona sinovac juga aman untuk bumil jakarta - perhimpunan obstetri dan ginekologi indonesia (pogi) merekomendasikan ibu hamil untuk segera divaksinasi covid-19. Jenis vaksin covid-19 yang direkomendasikan sejauh ini termasuk vaksin pfizer, moderna, astrazeneca hingga vaksin sinovac. Vaksinasi corona ibu hamil memakai vaksin sinovac menurut sekjen pogi, dr budi wiweko, spog(k)-fer, mph terbilang aman. Hal ini berdasarkan hasil uji klinis vaksin corona sinovac pada binatang dan interim guidance organisasi kesehatan dunia (who).

Dalam uji klinis tidak ditemukan binatang yang tengah hamil mengalami gangguan janin atau kondisi lain yang membahayakan kehamilan. "kemarin kami mendiskusikan dengan itagi dan bpom, bahwa studi pada animal menjadi dasar kita, juga dari leafletnya who interim guidance bahwa sinovac itu aman tidak ada efek yang membahayakan pada studi binatang yang hamil jadi tidak ada efek menghambat pertumbuhan janin dan lainnya," kata budi dalam konferensi pers jumat (2/7/2021). Lebih lanjut, ia memastikan penggunaan vaksin-vaksin dengan teknologi inactivated virus tidak memiliki kejadian ikutan pasca imunisasi berat. Seperti misalnya vaksin influenza.

"bahwa selama ini penggunaan vaksin-vaksin yang berasal dari non-life virus pada bumil itu aman kipinya tidak ada baik itu vaksin influenza," jelas dia. "dua hal ini lah yang menjadikan dasar bagi kami untuk merekomendasikan ibu hamil untuk divaksin corona termasuk dengan jenis vaksin sinovac," bebernya. Meski begitu, kondisi ibu hamil yang memiliki diabetes dan penyakit penyerta lainnya tetap perlu melakukan vaksinasi covid-19 di bawah pengawasan dokter. Hal ini demi meminimalisir risiko yang ada.


Baca Juga

0  Komentar