Vaksin Merah Putih Ditargetkan Semester I 2022, Menristek: Harus Manjur terhadap Corona Varian Baru

Pikiran Rakyat   Kamis, 8 April 2021

img

Vaksin merah putih ditargetkan semester i 2022, menristek: harus manjur terhadap corona varian baru pikiran rakyat - pemerintah menargetkan vaksin corona merah putih mulai dapat digunakan pada semester i 2022. Selain mampu menangkal coronavirus disease 2019 (covid-19), vaksin buatan dalam negeri ini harus manjur terhadap berbagai virus corona varian baru. "(varian corona baru) ini kan jadi peluang bagi kita untuk membuat, menggabungkan. Jadi tidak akan pengaruh adanya varian baru.

Sehingga bisa manjur untuk varian mutasi baru," kata menteri riset dan teknologi bambang brodjonegoro saat menghadiri inaugurasi perkumpulan alumni amerika serikat di distrik i, cikarang, kabupaten bekasi, kamis 8 april 2021. Bambang mengatakan, vaksin merah putih masih terus dikembangkang oleh enam instansi, baik universitas maupun lembaga penelitian. Dari keenam itu, baru lembaga biologi molekuler eijkman yang sudah masuk pada penyiapan bibit vaksin. Kemudian universitas airlangga (unair) yang juga akan melakukan uji praklinis sebelum masuk pada manufaktur.

Sedangkan empat instansi lain yang turut mengembangkan, yakni lembaga ilmu pengetahuan indonesia (lipi), universitas indonesia (ui), universitas gadjah mada (ugm), dan institut teknologi bandung (itb) masih tertinggal. Meski demikian, bambang mengatakan pengembangan vaksin ini masih sesuai rencana. "ini masih on the track dari sudut penelitian, tapi jangan lupa bagian penting juga dari vaksin itu di manufakturnya," kata dia. Diakui bambang, saat ini pihaknya masih dipusingkan dengan skema produksi massal vaksin.


Baca Juga

0  Komentar