Viral 4 Opsi Penyelamatan Garuda dari Kementerian BUMN

CNN Indonesia - Bisnis   Kamis, 27 Mei 2021

img

Viral 4 opsi penyelamatan garuda dari kementerian bumn jakarta, cnn indonesia -- sebuah dokumen berisi empat opsi penyelamatan pt garuda indonesia (persero) tbk berlogo kementerian bumn beredar di publik. Keempat model penyelamatan maskapai tersebut berdasarkan tolak ukur (benchmark) yang diimplementasikan negara lain. "berdasarkan hasil benchmarking dengan apa yang telah dilakukan oleh pemerintah negara lain, terdapat empat opsi yang dapat diambil untuk garuda saat ini," bunyi dokumen yang beredar, dikutip kamis (27/5). Opsi pertama adalah terus mendukung garuda indonesia.

Lewat skema penyelamatan ini, pemerintah akan terus mendukung garuda indonesia melalui pemberian pinjaman atau suntikan ekuitas. #div-gpt-ad-1589441958861-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } sejumlah maskapai yang menerapkan model penyelamatan ini adalah singapore airlines, cathay pacific airways ltd, dan air china limited. Namun, ada konsekuensi yang harus ditanggung perseroan lewat skema tersebut. "berpotensi meninggalkan garuda dengan utang warisan yang besar yang akan membuat situasi menantang di masa depan," bunyi dokumen.

Kedua, menggunakan hukum perlindungan kebangkrutan untuk merestrukturisasi garuda indonesia. Detailnya, pemerintah akan menggunakan legal bankruptcy process untuk merestrukturisasi kewajiban meliputi utang, sewa, dan kontrak kerja. Untuk opsi ini, pemerintah akan menggunakan opsi yurisdiksi yakni us chapter 11 yang merupakan undang-undang kepailitan amerika serikat, maupun yurisdiksi kepailitan negara lain. Selain itu, pemerintah juga akan mempertimbangkan opsi pengajuan penundaan kewajiban pembayaran utang (pkpu).

Sejumlah maskapai yang menggunakan skema ini adalah latam airlines group s.a, malaysia airlines, dan thai airways international public co., ltd. Namun, catatannya adalah tidak jelas apakah undang-undang kepailitan indonesia mengizinkan untuk restrukturisasi. "berisiko restrukturisasi berhasil memperbaiki sebagian masalah (debt, lease), tetapi tidak memperbaiki masalah yang mendasarinya (culture,legacy)," imbuh dokumen itu. Ketiga, pemerintah merestrukturisasi garuda indonesia dan mendirikan perusahaan maskapai nasional baru.

Detailnya, pemerintah akan membiarkan garuda indonesia melakukan restrukturisasi. Namun, pada saat yang bersamaan, pemerintah mulai mendirikan perusahaan maskapai penerbangan domestik baru yang akan mengambil alih sebagian besar rute domestik perseroan. Perusahaan anyar itu juga akan menjadi national carrier di pasar domestik. Hal ini serupa yang terjadi pada sabena dan swissair.

Sedangkan, estimasi modal yang dibutuhkan untuk membuat perusahaan baru mencapai us$1,2 miliar. "untuk dieksplorasi lebih lanjut sebagai opsi tambahan agar indonesia tetap memiliki national flag carrier," bunyi catatan dokumen tersebut. Keempat, pemerintah akan melikuidasi garuda indonesia, sehingga sektor swasta dibiarkan untuk mengisi kekosongan. Lewat opsi ini, pemerintah mendorong sektor swasta untuk meningkatkan layanan udara, misalnya dengan pajak bandar udara atau subsidi rute yang lebih rendah.

Sejumlah maskapai yang juga pernah dilikuidasi adalah varig airlines dan malev hungarian airlines. "indonesia tidak lagi memiliki national flag carrier," tulis dokumen tersebut. Cnnindonesia.com telah menghubungi staf khusus menteri bumn arya sinulingga untuk mengonfirmasi kebenaran dokumen tersebut. Namun, yang bersangkutan belum menjawab.


Baca Juga

0  Komentar