23 Tahun Reformasi: 4 Penyebab Utama Krisis Moneter 1998, Nilai Mata Uang Anjlok

Tempo - Batang   Rabu, 12 Mei 2021

img

23 tahun reformasi: 4 penyebab utama krisis moneter 1998, nilai mata uang anjlok tempo.co, jakarta - krisis moneter atau krismon 1998 bisa jadi merupakan momen paling menyedihkan bagi napas politik dan ekonomi indonesia, seluruh negeri bergejolak akibat peristiwa tersebut. Nilai mata uang rupiah anjlok dan perekonomian rakyat morat-marit, merupakan salah satu pemicu mahasiswa turun ke jalan menuntut agar soeharto hengkang dari kursi jabatan presiden yang memangkunya selama tiga dekade. Sebenarnya bukan hanya indonesia yang mengalami krismon 1998, beberapa negara di asia seperti thailand dan korea selatan juga mengalaminya di tahun tersebut. Tetapi, di antara negara-negara lain, krisis ekonomi yang indonesia alami dinilai yang paling buruk.

Bagi masyarakat yang pernah mengalaminya. Memberikan trauma tersendiri bagi mereka. Tiada akibat tanpa sebab, krisis moneter tak lantas secara tiba-tiba terjadi tanpa penyebab, dilansir dari berbagai sumber, berikut ini merupakan serangkaian faktor dari sektor ekonomi, soal, dan politik turut menyumbang sebab terjadinya krisis moneter 1998. 1.

Rupiah anjlok tahun 1997 bisa jadi awal indikasi terjadinya krisis moneter 1998, dimulai dari bulan agustus nilai mata uang rupiah terus terjun bebas dan mencapai nilai terendah di bulan berikutnya, september. Hanya dalam jangka waktu setahun, yang awalnya kedudukan nilai mata uang rupiah berada di angka rp 2.380 per satu dolarnya, mengalami penurunan hingga 600 persen. Puncaknya pada bulan juli 1998, nilai mata uang rupiah benar-benar terpuruk, titik tukar rupiah ke dalam dolar mencapai rp 16.650. Meski pada 31 desember 1998 nilai rupiah mulai bangkit dan dihargai rp 8.000 per dolarnya, hal ini tak banyak memberi pengaruh sebab ekonomi rakyat sudah kadung terpuruk.

2. Membengkaknya utang luar negeri selain anjloknya nilai mata uang rupiah pada 1997 sampai 1998, krisis moneter tersebut juga dipicu oleh membengkaknya angka utang luar negeri oleh swasta. Yakni, pada maret 1998, 72,5 miliar dolar as dari 138 miliar dolar as merupakan utang swasta yang dua dari tiga utang tersebut merupakan utang jangka pendek yang jatuh tempo masa tenggat pembayaran di tahun tersebut. Sementara cadangan devisa senilai 14.44 miliar dolar as yang dimiliki indonesia jauh dari kata cukup untuk membayar utang, apalagi beserta bunganya.

Faktor utang luar negeri yang membengkak itulah yang menjadi salah satu penyebab perekonomian indonesia mendapatkan tekanan berat. 3. Krisis kepercayaan kebijakan pemerintah dalam menangani krisis keuangan yang dinilai plintat-plintut menyebabkan kepercayaan masyarakat dan pasar mulai runtuh. Ditambah lagi dengan kondisi kedua presiden soeharto yang kian memburuk membuat suksesi mengalami ketidakpastian.

Akibatnya investor asing enggan memberikan bantuan finansial secara cepat. Hal inilah yang juga menjadi sebab krisis moneter 1998. 4. Paket solusi imf yang berujung kegagalan imf sebagai organisasi dana moneter internasional sempat memberikan sejumlah solusi untuk membantu indonesia menanggulangi krisis moneter dengan menawarkan paket reformasi keuangan.


Baca Juga

0  Komentar