37 Seniman Rilis 100 Karya Dalam Pameran Kartun Politik Se-ASEAN

Tempo - Batang   Senin, 3 Mei 2021

img

37 seniman rilis 100 karya dalam pameran kartun politik se-asean tempo.co , jakarta - sebanyak 37 kartunis dari negara-negara asean mengikuti pameran kartun digital bertajuk the asean human rights cartoon exhibition. Pameran kartun ini diinisiasi oleh kartunis politik malaysia, zunar dan ngo hujah ehsan. Pameran berlangsung mulai 3- 30 mei 2021. Bertemakan "hak asasi di negara sendiri", pameran ini menggelar 100 kartun kritis hasil karya 37 kartunis dari negara-negara asean.

Mereka adalah 13 dari malaysia (termasuk zunar), 13 dari indonesia, 4 dari thailand, 6 dari filipina dan seorang dari myanmar. Panitia menyebarkan informasi ke seluruh negara asean, tetapi para kartunis yang memberikan respon hanya dari malaysia, indonesia, filipina, thailand dan myanmar. The asean human rights cartoon exhibition/www.craftora.com azura, panitia pameran kartun tersebut menjelaskan latar belakang pameran kartun politik ini. Menurutnya pameran kartun politik serupa biasa dilaksanakan di tempat lain seperti di eropa.

“tapi tidak pernah dibuat di negara-negara asean, sementara di kawasan ini banyak isu-isu pelanggaran ham,” ujar azura kepada tempo melalui pesan aplikasi, sabtu, 1 mei 2021. Isu atau tema kartun di galeri utama ini difokuskan pada perintah darurat di malaysia, undang-undang mengenai raja di thailand, pembunuhan di filipina, perampasan kekuasan atau kudeta di myanmar dan isu papua di indonesia. Sementara untuk galeri penunjang yakni galeri khusus myanmar solidarity gallery. Galeri ini sebagai bagian dari solidaritas para kartunis untuk mendukung rakyat negara yang dikuasai rezim militer tersebut.


Baca Juga

0  Komentar