Apakah Liga Super Eropa akan menguntungkan penggemar sepakbola di seluruh dunia? - BBC News Indonesia

Headtopics   Selasa, 20 April 2021

img

Apakah liga super eropa akan menguntungkan penggemar sepakbola di seluruh dunia? - bbc news indonesia liga super eropa ditentang banyak pihak, termasuk mantan pemain dan kepala negara. Namun, mungkinkah turnamen baru ini justru akan menguntungkan penggemar sepakbola di luar eropa? rencana untuk membentuk liga super eropa yang melibatkan 12 klub terbesar di benua itu menuai kritik secara luas. Tapi mungkinkan turnamen baru ini akan menjadi hal yang baik untuk 'penggemar yang jauh'? belum tentu.memang benar bahwa penggemar non-eropa telah menyatakan kepuasannya di media sosial dan forum internet tentang prospek klub-klub besar dalam pertandingan yang seru secara teratur di tv atau perangkat portabel mereka.tapi ada juga reaksi negatif yang lebih mirip dengan rekan-rekan penggemar di eropa, termasuk tuduhan keserakahan dari klub-klub besar, yang akan menerima jumlah uang yang jauh lebih besar dari kompetisi baru ketimbang dari liga champions uefa. Diperkirakan "liga super" dapat meningkatkan pendapatan tv lebih dari $4,8 miliar, atau sekitar rp69,7 triliun setahun, dua kali lipat jumlah yang dihasilkan dalam turnamen saat ini.cuitan dari penggemar sepakbola di brasil, julie ciccarini, mengatakan turnamen baru ini "memalukan dan tercela." "langkah memalukan dan tercela dari klub-klub ini," ujar julie ciccarini, seorang pendukung arsenal asal brasil yang tinggal di australia, kepada bbc.via twitter, mushfiq salehin, seorang penggemar klub spanyol real madrid yang berasal dari bangladesh, mengatakan "sepakbola eropa menjual jiwanya demi uang".

Headtopics.com namun jika dilihat lebih dalam lagi, ada banyak penggemar bola internasional yang tertarik dengan ide akan liga super baru.'turnamen yang lebih besar... Hiburan yang lebih baik'penggemar sepakbola asal nigeria, jhon, mengatakan kepada bbc via twitter bahwa ia tertarik melihat klub favoritnya chelsea semakin sering bertanding melawan klub-klub top eropa. Ia menyebut fakta bahwa klub yang berbasis di london tersebut akan melawan jawara spanyol real madrid dalam semifinal liga champions uefa adalah pertemuan pertama mereka dalam kompetisi eropa selama 20 tahun terakhir."'super liga' akan memungkinkan hal ini terjadi tiap tahun dan itu hanya salah satu contoh. Semakin besar ternamennya, semakin baik hiburannya," tuturnya.

Charles oyeshomo, penggemar liverpor yang berasal dari lagos, nigeria, juga mendukung pembentukan turnamen baru ini."saya mendukung 'liga super' eropa karena kualitas dan standar sepakbola menurun belakangan ini, kira-kira dalam lima hingga enam tahun terakhir," katanya kepada bbc. Oyeshomo sangat kritis terhadap asosiasi sepakbola seperti uefa dan fifa dan yakin liga yang memisahkan diri itu akan mendorong mereka untuk mengambil tindakan yang lebih tegas dalam masalah yang lebih luas."uefa dan fifa telah memonopoli permainan selama beberapa dekade terakhir. Hal ini mengakibatkan banyak skandal." headtopics.com "esl juga akan membuat mereka duduk dan menangani masalah dengan lebih baik. Misalnya, rasisme dan masalah var yang tidak ditangani secara proaktif," tambahnya.penggemar muda tampaknya lebih mendukung turnamen barudalam sebuah survey yang ditujukan pada penggemar sepakbola inggris pada desember 2020, bbc menemukan bahwa kendati mayoritas penggemar di semua umur menentang pembentukan liga lintas batas ini, kebanyakan penggemar muda justru mendukungnya.

Sebanyak 48% orang berusia dibawah 55 tahun berkata mereka senang dengan rencana pembentukan liga super eropa.itu kontras dengan suara 10% penggemar sepakbola berusia di atas 55 tahun yang menolaknya.tahap awalliga super eropa ini yang jelas bakal menemui sejumlah hambatan berat. Tidak semua klub besar eropa yang mendukung liga super baru itu. Klub-klub raksasa dari liga jerman dan prancis, termasuk bayern munich dan paris saint-germain, sejauh ini menolak untuk bergabung.sumber gambar,getty imagesketerangan gambar,german clubs, including the mighty bayern munich, have so far refused to join the european super league - and so have french sides regulator sepakbola eropa, uefa, telah mengancam para pesepakbola yang akan berlaga di liga super eropa untuk tidak boleh lagi "memperkuat tim nasional masing-masing" di sejumlah kompetisi termasuk piala dunia - walaupun larangan itu masih butuh keputusan akhir dari badan sepakbola dunia fifa. Headtopics.com larangan itu pada akhirnya menimbulkan polemik, lantaran banyak bintang sepakbola dunia kini memperkuat "12 klub yang membangkang itu."tidak jelas juga apakah turnamen baru ini menyebabkan para fans harus merogoh kocek lebih banyak untuk menontonnya, karena belum ada detail soal penjualan hak siar pertandingan di televisi.


Baca Juga

0  Komentar