[Cek Fakta] Puan Maharani Dicopot dari PDIP? Ini Faktanya

Medcom   Sabtu, 29 Mei 2021

img

[cek fakta] puan maharani dicopot dari pdip? ini faktanya beredar sebuah video dengan narasi judul puan maharani dipecat dari partainya pdip. Narasi beredar di youtube. Kanal youtube suara istana membagikan video ini pada 27 mei 2021. Video berjudul "pdip pecah!! semua sepakat puan ditendang" telah ditonton 148 ribu orang.

Dalam halaman sampul video tersebut terdapat kutipan sebagai berikut. " keputusan mutlak..!!! puan dicopot dari pdip ! mega & semua kader sepakat lakukan ini" penelusuran: dari hasil penelusuran tim cek fakta medcom , klaim puan maharani dicopot dari pdip adalah salah. Faktanya, hingga kini puan masih sebagai ketua dpp pdip bidang politik dan keamanan. Dalam video berdurasi 10 menit 5 detik itu, tidak ada narasi dan informasi mengenai pencopotan puan maharani.

Polemik internal pdip sendiri mencuat setelah puan maharani tak mengundang ganjar pranowo dalam konsolidasi politik dpd pdip jawa tengah beberapa waktu lalu. Dilansir medcom.id , hubungan ketua dpr puan maharani dan gubernur jawa tengah (jateng) ganjar pranowo memanas belakangan. Kondisi tersebut dikaitkan persaingan keduanya ihwal calon presiden (capres) 2024. Partai demokrasi indonesia (pdi) perjuangan membantah pandangan itu.

"jadi itu sangat sepele, bukan soal rebutan capres antara mbak puan dan pak ganjar," kata ketua badan pemenangan pemilu (bappilu) pdi perjuangan bambang wuryanto di kompleks parlemen, senayan, jakarta, selasa, 25 mei 2021. Dia menegaskan partai belum menentukan sikap terkait capres di pemilihan presiden (pilpres) 2024. Keputusan ini merupakan hak prerogatif ketua umum (ketum) pdi perjuangan megawati soekarnoputri. Bambang menyebut instruksi megawati saat ini adalah meningkatkan soliditas partai.

Jangan sampai ada pihak yang keluar jalur. "perintahnya ketum pdip hanya satu, solidkan barisan. Gua solidkan bos, yang brengsek-brengsek gua tarik masuk untuk kita briefing untuk solid. Understand?" ungkap dia.

Namun, dia tak memerinci apakah perintah tersebut dampak dari rebutan capres antara puan dan ganjar. Bambang menegaskan kader harus patuh pada keputusan partai terkait penentuan sosok yang diusung dalam pilpres 2024. "bambang pacul jenenge bambang (kesatria) kok. Kesatria ra iso tak bariske tak pletak (kesatria tak bisa saya tertibkan, saya tindak)," ujar dia.

Kesimpulan: klaim puan maharani dicopot dari pdip adalah salah. Faktanya, hingga kini puan masih sebagai ketua dpp pdip bidang politik dan keamanan. Informasi ini jenis hoaks false connection (koneksi yang salah). Ciri paling gamblang dalam mengamati konten jenis ini adalah ditemukannya judul yang berbeda dengan isi berita.


Baca Juga

0  Komentar