Demo Warga Papua Digelar Singkat di Patung Kuda Jakpus

CNN Indonesia - Peristiwa   Jumat, 21 Mei 2021

img

Demo warga papua digelar singkat di patung kuda jakpus jakarta, cnn indonesia -- unjuk rasa yang dilakukan koalisi warga papua melalui petisi rakyat papua digelar singkat di sekitar patung kuda, jalan medan barat jakarta sekitar pukul 08.00 wib. Salah seorang aparat kepolisian yang berjaga di lokasi menuturkan, aksi tersebut hanya diikuti oleh sekitar 10 orang. "udah selesai tadi. Ada sekitar 10 orang yang ikut tadi," kata petugas di sekitar patung kuda, jumat (21/5).

#div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } berdasarkan pantauan sekitar pukul 9.00 wib, tak ada peserta aksi di sekitar patung kuda. Lokasi aksi tersebut bergeser dari semula akan digelar di depan istana merdeka atau berjarak sekitar 1 kilometer dari patung kuda. Sementara itu, sejumlah mobil taktis dan kawat berduri telah bersiaga dan disiapkan di lokasi aksi. Namun menurut petugas, mobil-mobil tersebut disiapkan untuk mengawal aksi bela palestina yang rencananya juga akan digelar di lokasi yang sama sekitar pukul 13.00 wib atau bada zuhur.

Cnnindonesia.com menghubungi salah satu koordinator aksi solidaritas papua, namun yang bersangkutan belum merespons. Aksi solidaritas papua digelar serentak di tiga kota, masing-masing di jakarta, bandung, dan daerah istimewa yogyakarta pada jumat (21/5). Aksi tersebut menyoroti sejumlah isu yang mengemuka di papua beberapa waktu terakhir, termasuk soal label teroris kepada organisasi papua merdeka (opm). Lakar sime (bukan nama sebenarnya), salah satu koordinator aksi menyebut, label teroris kepada opm atau kerap disebut kelompok kriminal bersenjata (kkb) oleh pemerintah, hanya untuk memberi legitimasi kepada aparat melakukan aksi kekerasan, termasuk ke masyarakat sipil.

"karena setiap kejadian yang kami lihat di lapangan sendiri itu biasanya ada warga sipil yang, orang papua yang ditindak kekerasan, sering dicap sebagai pemberontak kkp, opm, dan lain-lain," kata dia. Selain menyoroti isu papua, aksi juga menyoroti soal palestina. Mereka mendorong agar serangan terhadap warga palestina di jalur gaza segera dihentikan. Hal itu tercantum dalam selebaran aksi yang salah satunya di gelar di depan mapolda daerah istimewa yogyakarta, jumat (21/5).


Baca Juga

0  Komentar