Denny Indrayana Lapor Bawaslu: Kalsel Makin Tak Kondusif

CNN Indonesia - Politik   Senin, 12 April 2021

img

Denny indrayana lapor bawaslu: kalsel makin tak kondusif jakarta, cnn indonesia -- calon gubernur kalimantan selatan denny indrayana melaporkan dugaan kecurangan yang dilakukan calon petahana sahbirin noor ke bawaslu ri. Denny menduga ada politik uang yang dilakukan petahana jelang pemungutan suara ulang (psu) pilgub kalsel 9 juni mendatang. Denny mengatakan praktik politik uang terjadi di daerah-daerah yang akan melakukan psu. Dia meminta bawaslu ri turun tangan.

"kami berikan berbagai informasi situasi di kalimantan selatan yang semakin tidak kondusif, terkait dengan prinsip pemilu jujur dan adil," kata denny usai membuat laporan di bawaslu seperti disiarkan di laman facebook pribadinya, senin (12/4). #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } denny mengungkap sejumlah dugaan kecurangan, seperti pembagian sembako hingga pemberian gaji untuk para kepala desa. Dia juga menyebut ada aksi borong dagangan di pasar untuk dibagikan gratis ke masyarakat. Mantan wakil menteri hukum dan ham itu berkata petahana juga menempel stiker di sejumlah rumah.

Stiker itu sebagai penanda sasaran serangan fajar jelang psu. "sayangnya, bawaslu provinsi kalimantan selatan tidak melakukan apa-apa," ujarnya. Denny menyampaikan ia tak melapor ke bawaslu kalsel kali ini. Dia merasa kecewa dengan respons bawaslu kalsel pada laporan-laporan sebelumnya.

Dia pun terbang ke jakarta untuk melaporkan langsung ke bawaslu ri. Denny berharap bawaslu bisa proaktif mencegah politik uang di kalsel. "ini sangat jelas di depan mata. Sekali lagi, tadi mekanisme kerjanya bukan menunggu laporan, tapi juga temuan, dapat melakukan langkah aktif," ucap denny.

Sebelumnya, mahkamah konstitusi memutus psu di sejumlah wilayah kalimantan selatan. Putusan itu menyusul temuan sejumlah kecurangan dalam pilgub kalsel. Mk memerintahkan psu digelar di seluruh tps di kecamatan banjarmasin selatan kota banjarmasin, kecamatan sambungmakmur, kecamatan alu, kecamatan martapura, kecamatan mataraman, serta kecamatan astambul kabupaten banjar. Psu juga harus dilakukan di 24 tps di kecamatan binuang di kabupaten tapin yaitu tps 1, tps 2, tps 3, tps 6,8 desa tingkap, tps 1, 6, 8, 12, 13, 14, 16, 18 desa binuang, tps 5,7,10 desa raya belanti, tps 1,2,3,4,5 desa pualam sari, tps 2 padang sari, serta tps 1 dan 3 desa mekarsari.


Baca Juga

0  Komentar