Junta Myanmar Masih Pikir-pikir Jalankan Usulan ASEAN

Cnn Indonesia   Selasa, 27 April 2021

img

Junta myanmar masih pikir-pikir jalankan usulan asean jakarta, cnn indonesia -- junta militer myanmar menyatakan masih mempertimbangkan usulan perhimpunan negara-negara asia tenggara (asean) untuk mencari jalan keluar dari gejolak politik di negara itu selepas kudeta pada 1 februari lalu. Dilansir reuters, selasa (27/4), dalam pernyataan resmi, junta myanmar menyatakan mereka mempertimbangkan dengan sangat hati-hati usulan yang membangun tersebut jika situasi kembali stabil. Menurut pernyataan resmi junta, usulan dari asean akan dipertimbangkan dengan baik jika sejalan dengan peta jalan yang mereka buat, dan sesuai dengan kepentingan negara yang didasari oleh tujuan dan prinsip yang dijunjung di asean. #div-gpt-ad-1577361751308-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } akan tetapi, dalam pernyataan itu junta myanmar tidak menyinggung soal prinsip asean yang tidak mencampuri urusan dalam negeri setiap negara anggota.

Rapat darurat asean di jakarta ada 24 april lalu menyimpulkan lima poin konsensus. Pertama, kekerasan harus segera dihentikan di myanmar dan semua pihak harus menahan diri sepenuhnya. Kedua, dialog konstruktif antara semua pihak terkait untuk mencari solusi damai demi kepentingan rakyat. Ketiga, utusan khusus ketua asean akan memfasilitasi mediasi proses dialog dengan bantuan sekretaris jenderal asean.

Keempat, asean akan memberikan bantuan kemanusiaan melalui aha centre. Kelima, utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi myanmar untuk bertemu semua pihak terkait. Akan tetapi, para aktivis myanmar kecewa karena di dalam pertemuan itu tidak disepakati usulan supaya junta myanmar membebaskan seluruh tahanan politik, termasuk pemimpin de facto, aung san suu kyi (75). Suu kyi dan presiden win myint serta sejumlah politikus saat ini ditahan oleh junta myanmar di lokasi rahasia.

Para aktivis myanmar pun terus mengajak penduduk untuk terus melawan junta myanmar. Salah satunya adalah ajakan untuk tidak membayar listrik hingga pajak. Beberapa dari aktivis bahkan mulai berlatih ala militer dipandu oleh kelompok milisi etnis setempat untuk bisa mengoperasikan senjata api dan menghadapi tentara myanmar. (ayp/ayp) [gambas:video cnn] tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam fokus: “militer myanmar kudeta suu kyi”.


Baca Juga

0  Komentar