Kapolri Terbitkan Telegram Pengamanan Ekstra Jelang Hari Raya

CNN Indonesia - Peristiwa   Selasa, 30 Maret 2021

img

Kapolri terbitkan telegram pengamanan ekstra jelang hari raya jakarta, cnn indonesia -- kapolri jenderal listyo sigit prabowo menginstruksikan kepada jajaran polisi kewilayahan untuk meningkatkan pengamanan di tempat-tempat ibadah pasca insiden bom bunuh diri di depan gereja katedral, makassar pada minggu (28/3) kemarin. Kadiv humas polri, inspektur jenderal argo yuwono mengatakan bahwa instruksi itu diterbitkan melalui surat telegram (st)kapolri. Khususnya, kata dia, pengamanan jelang hari raya paskah dan dilanjutkan dengan bulan suci ramadhan. "sudah dibuatkan instruksi ke jajaran melalui telegram.

Pertama untuk melakukan pengamanan terbuka, tertutup terhadap tempat ibadah dan tempat lain," kata argo saat dihubungi cnnindonesia.com, selasa (30/3). #div-gpt-ad-1589439603493-0 iframe{ border: 0px; vertical-align: bottom; position: fixed !important; z-index: 1 !important; left: 0px; right: 0; margin: auto; } sebagai informasi, pengamanan terbuka ialah yang dilakukan oleh aparat kepolisian berbaju dinas dengan melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap manusia, barang, ataupun lainnya. Sementara, jika dilakukan tertutup adalah pemantauan yang dilakukan untuk mendeteksi dini potensi kerawanan yang mungkin dapat terjadi. Argo menjelaskan,kapolrijuga meminta agar jajaran polisi kewilayahan dapat menjalin koordinasi dengan stakeholder lain terkait dalam mengamankan situasi.

Polisi, kata dia, diminta juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menciptakan keamanan yang kondusif. "terakhir, (kapolri) menginstruksikan agar meningkatkan partisipasi warga," ucap argo. Sebelumnya, menteri koordinator politik hukum dan keamanan (menko polhukam) mahfud md mengatakan pemerintah telah menginstruksikan tni-polri untuk memperketat pengamanan di rumah ibadah dan pusat keramaian buntut bom bunuh diri di makassar. "pemerintah juga sudah meminta kepada aparat keamanan yakni, polri dan tni untuk meningkatkan pengamanan di rumah ibadah.

Di pusat keramaian dan di berbagai wilayah publik lainnya di seluruh indonesia," kata dia, minggu (28/3). Bom bunuh diri di makassar itu dilakukan oleh anggota jamaah ansharut daulah (jad). Kedua pelaku merupakan pasangan suami istri dan mereka tewas saat melakukan aksinya. Pada saat ledakan terjadi, jemaat di dalam gereja baru saja selesai melaksanakan misa minggu palma.


Baca Juga

0  Komentar