Novel Apresiasi, Busyro Bilang Jokowi Jangan Basa-basi, Hehamahua?

Kompasiana   Selasa, 18 Mei 2021

img

Novel apresiasi, busyro bilang jokowi jangan basa-basi, hehamahua? pernyataan yang saya tunggu akhirnya muncul. Novel baswedan mengapresiasi presiden jokowi yang mendukung 75 pegawai kpk. Tapi, saya baca juga, eks ketua kpk busyro muqoddas menilai jokowi jangan basa-basi. Ceritanya adalah bahwa 75 pegawai kpk itu tak lolos tes wawasan kebangsaan.

Lalu, mereka terancam dipecat. Kemudian, presiden jokowi "mendukung" para pegawai itu. Presiden meminta bkn, kemenpan rb dan kpk duduk untuk mencari jalan keluar agar tak ada pemecatan pegawai kpk. Yang saya tunggu akhirnya muncul juga.

Novel baswedan yang selama ini kritis ke jokowi dan bahkan menilai jokowi akan melemahkan kpk, kemudian memberi apresiasi. Novel mengapresiasi pernyataan jokowi. Itulah yang saya baca di detik.com. Apakah novel juga menegaskan bahwa jokowi tak ada maksud melemahkan kpk? alias novel mengoreksi pernyataannya terdahulu? wah saya tak tahu.

Tak ada pernyataan itu. Yang pasti novel mengapresiasi jokowi. Tapi beda novel beda pula busyro muqoddas. Mantan ketua kpk ini masih ngegas dengan presiden jokowi.

Busyro meminta agar jokowi tak basa-basi. Bahkan saran jokowi soal semacam sekolah wawasan kedinasan dilawan busyro. Busyro menilai justru pemerintah yang harus sekolah wawasan kebangsaan. Itulah yang saya baca di cnn indonesia.

Entahlah, busyro sangat keras sekali dengan pemerintahan kali ini. Apa yang dilakukan jokowi terkait dukungan pada 75 pegawai kpk, seperti tidak ada baik-baiknya. Busyro pun pernah bilang kpk tamat di tangan jokowi. Konten terkait basa-basi lebaran sebentar lagi, ini tips basa-basi kala lebaran basa basi asean dan keangkuhan myanmar supaya saling memaafkan tidak menjadi ajang basa-basi 4 tips agar basa-basi saat lebaran tak menyinggung perasaan idul fitri, momentum untuk mulai memaafkan dan dimaafkan yang bukan basa basi tapi tak masalah.

Ada yang mengkritik jokowi melulu, ada yang mengritik dan mengapresiasi. Melihat sebagai dinamika hidup saja sebenarnya. Walaupun kadang saya juga berharap kritik dan apresiasi itu berlandaskan kejujuran, bukan karena kepentingan politik. Satu lagi yang juga saya tunggu adalah pernyataan abdullah hehamahua, eks penasihat kpk.

Menarik juga menunggu pernyataannya soal dukungan jokowi pada 75 pegawai kpk. Hehamahua memang terkenal vokal pada jokowi. Bahkan dia pernah menganalogikan ketika pihaknya bertemu jokowi seperti musa bertemu firaun. Maka menarik menunggu komentar dari abdullah hehamahua.


Baca Juga

0  Komentar