Oposisi Junta Myanmar Sebut KTT ASEAN di Jakarta Gagal Capai Tujuan

Pikiran Rakyat   Minggu, 25 April 2021

img

Oposisi junta myanmar sebut ktt asean di jakarta gagal capai tujuan pikiran rakyat - oposisi junta myanmar dari pemerintah persatuan nasional (nug) menyatakan kekhawatiran yang disuarakan dalam pemimpin kawasan dalam pertemuan ktt asean di jakarta pada sabtu, 24 april 2021 kemarin. Dalam wawancara dengan nikkei asia di lokasi rahasia, dr. Sasa selaku juru nug mengatakan tidak akan ada kesempatan untuk berdialog dengan junta kecuali militer menyetujui persyaratan yang diajukan organisasinya. "tidak ada kompromi, empat syarat sudah kami susun," kata sasa, dikutip dari nikkei asia, minggu, 25 april 2021.

"bukan saya, ini orang-orang myanmar, kami tidak dapat melegitimasi pembunuhan. Jika anda melegitimasi junta, anda melegitimasi militer," ujarnya. Nug juga meminta diakhirinya kekerasan terhadap warga sipil. Termasuk pasukan disingkirkan dari jalan-jalan di seluruh negeri dan pembebasan tahanan politik lain, termasuk aung san suu kyi.

Hal itu disampaikan dr.sasa setelah adanya pembicaraan ktt asean di jakarta terkait krisis myanmar. Menurut pernyataan ketua asean yang dikeluarkan setelah pertemuan tersebut, ada lima poin yang disepakati oleh para pemimpin atau perwakilan. Presiden jokowi menegaskan bahwa kekerasan di myanmar harus dihentikan dan kepentingan rakyat harus selalu menjadi prioritas. Editor: julkifli sinuhaji sumber: nikkei asia.


Baca Juga

0  Komentar