Pakar Nilai Israel Hanya Mengenal Bahasa Kekerasan, Tak Peduli Segala Macam Diplomasi

Tribunnews   Senin, 17 Mei 2021

img

Pakar nilai israel hanya mengenal bahasa kekerasan, tak peduli segala macam diplomasi tribunnews.com - guru besar ilmu politik universitas pertahanan indonesia, prof salim haji said, ikut menanggapi pertempuran antara israel dan palestina yang terjadi dalam sepekan terakhir ini. Prof salim yang juga seorang pengamat militer ini mengaku tidak kaget lagi jika israel kembali menyerang palestina. Sebab, menurutnya, israel hanya mengenal bahasa kekerasan. Untuk itu, segala macam diplomasi yang dicoba selama puluhan tahun tak kunjung membuahkan hasil.

"israel itu bahasa yang dia kenal hanya satu, bahasa kekerasan. Segala macam diplomasi sudah diadakan sejak puluhan tahun lalu." "tapi israel tidak pernah memperhatikan karena dia itu kuat maka tidak ada yang mengancam dia," kata prof salim, dalam tayangan youtube tvone, senin (17/5/2021). Prof salim said analisa soal sosok yang mendorong jokowi agar jadi presiden (youtube channel indonesia lawyers club) prof salim juga menjelaskan, israel selalu mendapat dukungan dari internasional, terlebih dari negera adidaya, amerika serikat. Untuk itu, israel menjadi kuat dan tidak kekurangan alat atau senjata untuk melakukan serangan.

"dia kuat dan dapat dukungan internasional, senjatanya tidak kurang," kata ilmuwan politik ini. Lantaran hanya mengenal kekerasaan, prof salim tak heran saat israel tidak peduli dari dampak serangannya kepada palestina. Dampak kekerasan tersebut, lanjut prof salim, tidak akan menjadi penghalang untuk menyudahi konflik. Terlebih, israel memiliki sebuah trauma masa lalu akibat kejahatan genosida selama perang dunia kedua.

"israel tidak peduli, soal moral tidak penting, juga harus kita mengerti israel adalah negara yang punya trauma perlakuan yahudi di jaman perang dunia kedua yang dilakukan oleh hitler.""oleh sebab itu dia hancurkan potensi lawannya, karena tidak mau lagi kejadian teraniaya di bawah nazi." "begitulah cara berpikirnya, jadi saya tidak terkejut apa yang dia lakukan itu (menyerang palestina)," ungkap prof salim. Kebrutalan israel serang palestina seperti diketahui, seorang warga negara indonesia (wni) yang berada di jalur gaza, muhammad husein, memberi kesaksian terkini mengenai kondisi palestina saat diserang militer israel. Husein menceritakan, serangan israel pada minggu (16/5/2021) malam merupakan serangan terbrutal selama satu minggu terakhir. Menurut husein, ratusan roket dari dua unit pesawat tempur israel membombardir habis wilayah di gaza.

"tadi malam adalah malam terbrutal selama satu minggu terakhir." "ratusan roket dari pesawat tembur f-16 dan su-35 dan tank-tank baja yang dikonsentrasikan di perbatasan, benar-benar memborbardir habis wilayah gaza," kata husein, dalam tayangan youtube tvone, senin (17/5/2021). Dari serangan tersebut, husein menggambarkan ada sekitar tujuh rumah warga yang dihancurkan, termasuk para penghuni yang berada dalam rumah tersebut. Seorang wni menceritakan situasi perayaan idul fitri di jalur gaza, ungkap tak ada nuansa lebaran dan berubah menjadi seram. (tangkap layar youtube tvone) "ada sekitar 7 rumah warga yang tadi malam di hancurleburkan sementara penghuninya masih di dalam." "jadi sampai detik ini kita bicara, masih dilakukan proses evakuasi terhadap para korban yang masih terjebak di reruntuhan," kata husein.

Aktivis kemanusiaan palestina ini mengatakan, israel juga menargetkan menyerang jaringan infrastruktur di jalur gaza. Menurutnya, target itu sengaja dilakukan untuk mempersulit proses evakuasi korban menggunakan ambulance. "tadi malam israel menyerang infrastruktur, jaringan listrik, air dan internet, dan jalan-jalan raya benar-benar di porak-porandakan." asap tebal membubung dari menara jala saat dihancurkan dalam serangan udara israel di kota gaza yang dikendalikan oleh gerakan hamas palestina, pada 15 mei 2021. Angkatan udara israel menargetkan menara jala 13 lantai yang menampung media al-jazeera yang berbasis di qatar dan kantor berita associated press.

(majdi fathi / nurphoto / nurphoto via afp) "jadi ada semacam usaha mempersulit akses ambulance untuk mengevakuasi korban," ujar husein. Dari informasi yang didapatkan, husein mengatakan korban tewas di palestina kembali bertambah hingga mencapai 191 jiwa, termasuk 52 di antaranya anak-anak dan 33 wanita. Sementara, korban luka mencapai lebih dari 1.225 jiwa. Husein juga menceritakan, ada kemungkinan besar korban-korban akan terus bertambah.

"belum terlihat ini akan berakhir dan kemungkinan korban-korban ini masih terus bertambah dan masih ada korban-korban yang sedang dievakuasi dari dalam reruntuhan," ungkapnya. Pm israel berjanji lanjutkan serangan sepekan sejak ketegangan antara israel dan palestina meningkat, desakan dari berbagai negara untuk mengakhiri konflik bermunculan. Berbagai negara telah mengecam aksi saling serang yang terjadi di jalur gaza oleh organisasi islam palestina, hamas dan tentara israel. Seperti inggris yang mendesak kedua kubu segera melakukan de-eskalasi atas ketegangan yang terjadi.

Presiden turki recep tayyip erdogan juga mengatakan kepada presiden rusia vladimir putin agar komunitas internasional memberi israel pelajaran atas tindakannya kepada palestina. Terbaru, gedung putih mengatakan, presiden as joe biden prihatin atas kematian di kedua sisi. Biden juga menyerukan agar wartawan dilindungi, setelah gedung yang menjadi kantor bagi sejumlah media asing hancur oleh roket israel pada hari ini. Selain menghubungi perdana menteri israel, benjamin netanyahu, biden juga berbicara dengan presiden palestina, mahmoud abbas untuk pertama kalinya sejak menjabat.

Perdana menteri israel benjamin netanyahu menyampaikan pidato di knesset (parlemen israel) di yerusalem pada 22 desember 2020. (yonathan sindel/pool/afp) melalui sambungan telepon, biden mengaku akan berkomitmen untuk memperkuat kemitraan as-palestina. Kepada dua pimpinan negara yang tengah berseteru itu, biden menyebut akan tetap berkomitkan menemukan solusi untuk mengakhiri konflik. Meski desakan untuk mengakhiri konflik bermunculan, netanyahu seakan tidak peduli.

Pada sabtu (15/5/2021) malam, netanyahu justru berjanji untuk tetap melanjutkan serangan. Netanyahu mengatakan, serangan akan terus berlanjut "selama diperlukan" dan menegaskan segala kemungkinan telah dilakukan untuk membatasi korban sipil. "israel masih di tengah-tengah operasi ini, masih belum berakhir dan operasi ini akan berlanjut selama diperlukan," ujar netanyahu, dikutip dari. "pihak yang menanggung kesalahan atas konfrontasi ini bukanlah kami, melainkan mereka yang menyerang kami," lanjutnya.

Serangan pun masih terus digencarkan oleh tentara israel hingga minggu (16/5/2021). Setidaknya, tiga warga palestina tewas dalam serangan udara pada minggu pagi. Sementara, puluhan orang terluka ketika suara pemboman terjadi sepanjang malam. Berita lain tentang israel serang jalur gaza.


Baca Juga

0  Komentar