Panas Dingin Hubungan Ganjar, Puan, dan PDIP

Msn - Berita   Selasa, 25 Mei 2021

img

Panas dingin hubungan ganjar, puan, dan pdip tempo.co, jakarta - nama ketua dewan perwakilan rakyat puan maharani sedang ramai dihadap-hadapkan dengan gubernur jawa tengah ganjar pranowo. Internal partai demokrasi indonesia perjuangan alias pdip pun bergolak. Hal ini disinyalir berkaitan dengan persaingan kedua kader menuju pemilihan presiden atau pilpres 2024. Sinyal gesekan di internal partai banteng itu terasa kala nama ganjar pranowo tidak masuk dalam undangan acara pengarahan kader untuk penguatan soliditas partai menuju pemilu 2024 yang digelar sabtu, 22 mei 2021 di semarang, jawa tengah.

Padahal, ganjar yang merupakan gubernur jateng sejatinya berposisi sebagai tuan rumah. Pengarahan pun diberikan oleh puan yang merupakan ketua dpp pdip. Salah satu pernyataan puan dalam kegiatan itu juga menjadi sorotan. Ia saat itu menyinggung kalau sosok seorang pemimpin itu harus ada di lapangan bukan di media sosial.

Setelah pernyataan tersebut, nama ganjar pun diperbincangkan. Pasalnya, gubernur yang gemar bersepeda itu cukup aktif di media sosial. Ganjar mengaku aktif menggunakan media sosial sejak menjadi anggota dewan perwakilan rakyat ri. Ia sudah mengisi parlemen dari fraksi partai demokrasi indonesia perjuangan sejak 2004 sampai 2013.

Dia semakin aktif di jagad media sosial ketika menjabat gubernur jawa tengah pada 2014. Saat ini akun twitternya @ganjarpranowo telah memiliki 1,9 juta followers. Sementara akun instagramnya memiliki 3,4 juta pengikut. Dia kerap siaran langsung di media sosialnya bersama para pesohor.

Ganjar juga menggelar program di media sosial seperti panggung kahanan dan lapak ganjar. Saat ada pengarahan dari puan kepada kader-kader di jateng, ganjar justru sedang di jakarta. Ia bersepeda di jakarta pada ahad kemarin. Sehari sebelum pengarahan yang digelar sabtu, ia bertemu dengan ketua umum pdip megawati soekarnoputri untuk bersilaturahmi.

Namun ganjar enggan banyak menanggapi hal itu. "tidak (ada tanggapan)," kata ganjar lewat pesan singkat. Ihwal gejolak di tubuh pdip, dewan pimpinan daerah pdip jawa tengah secara terang-terangan menyebut gubernur jawa tengah itu terlalu berambisi maju pada pilpres 2024 sehingga meninggalkan norma kepartaian. Ketua dpd pdip jawa tengah bambang wuryanto menyebut sikap itu tidak baik.

"wis kemajon (sudah kelewatan), yen kowe pinter, ojo keminter (bila kamu pintar, jangan sok pintar)," kata bambang, ahad, 23 mei 2021. Bambang mengatakan sudah beberapa kali mengingatkan ganjar karena dianggap terlihat bermanuver untuk menjadi calon presiden atau capres 2024. Ia pun mengaku sudah memberikan kode kepada ganjar bahwa pencapresan merupakan wewenang ketua umum pdip megawati soekarnoputri. Ganjar memang memiliki elektabilitas yang tinggi dalam survei bursa calon presiden untuk 2024.

Dari sejumlah survei sejak tahun lalu, nama ganjar ada di jajaran atas nama-nama unggulan bersama ketua umum partai gerindra prabowo subianto, gubernur dki jakarta anies baswedan, hingga gubernur jawa barat ridwan kamil. Meskipun elektabilitas ganjar cukup tinggi, direktur eksekutif indonesian political opinion (ipo) dedi kurnia syah menilai puan maharani lebih potensial didukung pdip sebagai calon presiden atau capres 2024. "dari struktur parpol, puan memang lebih potensial didukung dibanding ganjar pranowo," kata dedi kepada tempo, senin, 24 mei 2021. Dedi mengatakan, pergerakan popularitas dan elektabilitas masih sangat dinamis.

Dalam catatan lembaganya, popularitas ganjar memang jauh meninggalkan puan. Namun, berdasarkan asumsi pilpres 2024, puan masih punya cukup waktu untuk memupuk popularitas mengejar gubernur jawa tengah itu. Ganjar dan puan sebelumnya pernah bekerja dalam satu struktur yaitu di fraksi pdip di dpr pada periode 2010-2013. Kala itu, ganjar tercatat menjabat wakil sekretaris fraksi pdip dpr ri.

Adapun, puan menjabat sebagai ketua fraksi. Sementara itu, sekretaris fraksi, dijabat oleh bambang wuryanto. Ganjar bukan wajah baru di tubuh partai banteng. Saat berkuliah di fakultas hukum ugm, ganjar sempat menjadi anggota gerakan mahasiswa nasional indonesia (gmni) yang secara ideologi politik dekat dengan pdi.

Pada 1996, ganjar bahkan ikut mendukung megawati yang waktu itu berhadapan dengan soejardi. Sempat gagal terpilih sebagai anggota dpr pada pemilu 2004, ganjar masuk ke parlemen setelah menggantikan jakob tobing yang ditunjuk megawati untuk menjadi duta besar indonesia di korea selatan. Ganjar kemudian kembali menjadi anggota dewan setelah terpilih untuk periode 2009-2014. Namun, di tengah jalan ganjar ikut dalam pemilihan gubernur jawa tengah.

Pada 2013, ganjar melepas kursi anggota dpr karena terpilih menjadi gubernur. Ganjar pranowo lalu menjabat sebagai gubernur jateng periode 2013-2018. Kemudian terpilih lagi untuk periode 2018-2023. Caesar akbar | egi adyatama | friski riana.


Baca Juga

0  Komentar