PDIP Bilang Belum Kerek Elektabilitas Puan karena Tunggu Lampu Hijau Megawati

Tempo - Bontang   Rabu, 26 Mei 2021

img

Pdip bilang belum kerek elektabilitas puan karena tunggu lampu hijau megawati tempo.co, jakarta - ketua bidang pemenangan pemilu pdip bambang wuryanto menanggapi masih rendahnya elektabilitas puan maharani sebagai calon presiden berdasarkan sejumlah survei. Bambang mengatakan, angka elektabilitas puan masih kecil lantaran memang belum dikerek untuk keperluan pencapresan. "mbak puan surveinya rendah, lha enggak di-racing, kalau di-racing pasti naik," kata bambang di kompleks parlemen, senayan, jakarta, selasa, 25 mei 2021. Bambang mengatakan puan maharani dan partai belum bergerak untuk menaikkan elektabilitas ketua bidang politik dan keamanan dpp pdi perjuangan itu.

Sebab, kata bambang, ketua umum pdi perjuangan megawati soekarnoputri belum memberikan lampu hijau kepada siapa pun untuk dicalonkan di 2024. "belum ada izin, belum ada greenlight dari ibunya (megawati), kalau ada greenlight dari ibunya ya tak (saya) racing," kata pria yang akrab disapa bambang pacul ini. Bambang mengatakan megawati tak pernah memaksakan agar partai mencalonkan puan. Meski begitu, ujarnya, megawati memberikan ruang kepada anaknya itu.

Dia mencontohkan pada 2008, megawati memberi puan kesempatan untuk menjadi calon anggota legislatif dengan nomor urut 1. Namun megawati meminta puan untuk turun ke bawah berkampanye sendiri. "bu mega tidak akan memaksakan mencalonkan anaknya, tetapi memberikan ruang. Seperti apa? misalnya 2008, dikasih nyaleg, tapi disuruh kerja turun ke bawah," kata bambang.

Elektabilitas puan disorot setelah dpd pdi perjuangan jawa tengah tak mengundang ganjar pranowo ke acara pengarahan dan konsolidasi partai. Sejumlah pihak membandingkan elektabilitas puan dan ganjar yang terpaut jauh. Survei lembaga survei indonesia pada 25-31 januari 2021 menemukan elektabilitas ganjar 10,6 persen dan puan 0,1 persen. Survei indikator politik indonesia pada 13-17 april 2021 mencatat elektabilitas ganjar sebesar 15,7 persen dan puan 2,9 persen.


Baca Juga

0  Komentar