Pembukuan Praktis Ala Milenial

Kompasiana - latest   Minggu, 30 Mei 2021

img

Pembukuan praktis ala milenial oleh : ni wayan tina yanti dan ni nyoman ayu suryandari akuntansi feb universitas mahasaraswati denpasar dimasa pandemi covid-19 banyak masyarakat yang dirumahkan, dimana secara perlahan pasti akan berdampak pada perekonomian masyarakat. Untuk meningkatkan perekonomian, tidak sedikit masyarakat yang dirumahkan mencari cara untuk menunjang perekonomiannya, salah satu contohnya yaitu memulai membuka bisnis. Bagi masyarakat awam yang belum pernah memulai bisnis pasti masih banyak menemui permasalahan, selain untuk mengembangkan usahanya dan bertahan di masa pandemi, sedikit masyarakat yang mengabaikan pentingnya pembukuan dalam bisnis. Akibatnya mengaturan keuangan menjadi tidak pasti karena tidak mengetahui keluar masuknya kas dalam proses transaksi bisnis.

Dilingkungan sekitar kita, banyak kita menjumpai dari anak-anak hingga dewasa yang tidak terlepas dari menggunakan smartphone , baik untuk bermain game atau membuka sosial media. Perkembangan digital sudah sangat maju dimasa milenial ini, banyak aplikasi baru yang memudahkan pekerjaan kita untuk sehari-harinya. Dari permasalahan pembukuan dalam bisnis baru, bagi masyarakat yang kurang memahami pentingnya pembukuan atau sudah melakukan pembukuan dasar menggunakan buku catatan, kini ada aplikasi yang memudahkan pembukuan bisnis hanya bermodal smartphone saja. Salah satu aplikasi yang membantu pembukuan ala milenial ini bernama bukukas, berikut beberapa gambaran tentang buku kas antara lain : 1.

Tampilan menginput penjualan dan pengeluaran didalam menginput penjualan dan pengeluaran terdapat beberapa fitur yang memudahkan untuk melengkapi pembukuan yang detail, seperti mengimput harga pokok dimana hasil dari penjualan akan otomatis dikurangi harga pokok sehingga kita langsung mengetahui berapa keuntungan yang kita peroleh dari penjualan tersebut. Fitur lain seperti informasi produk apa yang kita jual, pembayaran secara tunai ( cash ) atau kredit, sudah membayar lunas atau belum lunas, dan pastinya ada tanggal transaksi, kita juga dapat menambahkan kontak pelanggan agar jika pelanggan sudah waktu tempo membayar hutang kita tidak lagi kesulitan mencari kontak pelanggan. Konten terkait kojima solusi praktis gaya hidup sehat ala rasulullah kritik akal budi praktis kant kojima, cara sehat dan praktis sepanjang ramadan pendidikan ala mesin dan ala bebek akun asli untuk politik praktis [petunjuk praktis] memulai ide bisnis whatsapp-image-2021-05-29-at-19-58-11-60b409c88ede483fed5a3f12.jpeg 2. Fitur menggunakan grafik bagi pengguna aplikasi bukukas ini juga bisa melihat perkembangan bisnis dengan metode grafik, sehingga kita bisa melihat perbandingan penjualan baik harian, mingguan, bahkan bulanan.

Di dalam fitur grafik ini kita bisa dengan mudah melihat di bulan apa penjualan paling tinggi, dan tidak hanya untuk melihat keuntungan, untuk pengeluaran juga bisa dilihat dalam bentuk grafik. Whatsapp-image-2021-05-29-at-19-58-12-1-60b4098ad541df757a1fcb34.jpeg whatsapp-image-2021-05-29-at-19-58-13-60b40a108ede484f823da942.jpeg 3. Fitur pencatatan hutang, pembayaran digital, stok barang. Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa keuntungan untuk mencatat pelanggan yang mempunyai hutang bisa dengan mudah dicari karena tinggal klik ikon hutang maka akan muncul nama-nama pelanggan yang mempunyai hutang sehingga kita tidak perlu lagi melihat semua transaksi untuk mencari nama pelanggan yang akan bayar hutang.

Fitur lainnya kita bisa mengaktifkan fitur bukukaspay yang bisa kirim uang dan tagih uang melalui transfer baik dengan link pembayaran atau bisa juga transfer ke bank lain tanpa pungutan biaya transfer, transaksi jadi lebih praktis dari rumah. Fitur lainnya yaitu stok barang dimana kita dapat mengetahui stok barang yang masih ready untuk dijual, dan juga memudahkan kita melakukan pengecekan stok barang pada akhir bulan sehingga menghemat waktu tanpa harus mengecek satu persatu transaksi yang sudah dilakukan. Whatsapp-image-2021-05-31-at-04-58-48-60b40ac0d541df436a6b57f2.jpeg 4. Dapat digunakan lebih dari satu jenis usaha/bisnis.


Baca Juga

0  Komentar