Pengamat Sebut MoU Penelitian Dendritik Bukti Kuatnya Posisi Politik Terawan

Tempo - Bontang   Rabu, 21 April 2021

img

Pengamat sebut mou penelitian dendritik bukti kuatnya posisi politik terawan tempo.co, jakarta - nota kesepakatan antara menteri kesehatan, badan pengawas obat dan makanan (bpom), dan tentara nasional indonesia angkatan darat soal penelitian sel dendritik disebut menjadi bukti kuatnya dukungan politik bagi mantan menteri kesehatan terawan agus putranto. Pengamat politik universitas al azar ujang komarudin menilai kesepakatan tersebut menjadi win-win dalam persoalan vaksin nusantara. "beking terawan tentu kuat dan tak bisa dianggap sebelah mata. Faktanya kasus vaksin tersebut bisa diselesaikan dengan mou," kata ujang komarudin kepada tempo, selasa malam, 20 april 2021.

Ujang mengatakan pengaruh terawan secara politik masih besar kendati tak lagi menjabat sebagai menteri kesehatan. Ia menyebut mantan direktur rumah sakit pusat angkatan darat (rspad) gatot subroto itu memiliki relasi dengan banyak tokoh besar di tanah air. "relasi dan pasien dia bukan hanya dari para pejabat, tetapi juga para pengusaha kakap," kata ujang. Direktur eksekutif parameter politik indonesia adi prayitno menyampaikan hal senada ihwal kuatnya dukungan politik terawan.

Buktinya, kata dia, polemik vaksin nusantara menjadi bak debat politik, padahal mestinya hitam-putih dari tinjauan medis. "dukungan terhadap terawan menguat. Hebatnya didukung para politisi," kata adi secara terpisah. Terawan menginisiasi penelitian vaksin covid-19 dengan platform sel dendritik--komponen sel darah yang mengandung sistem imun, yang belakangan disebut vaksin nusantara.

Dinilai tak transparan sejak awal dan mendapat sejumlah catatan dari bpom, tim peneliti vaksin nusantara tetap menggelar uji klinis tahap ii di rspad gatot subroto. Tim peneliti bahkan mulai mengambil sampel darah para relawan dan menyuntikkannya kembali ke tubuh mereka. Relawan uji klinis tersebut sebagian besar adalah anggota dewan perwakilan rakyat dan sejumlah tokoh nasional yang diduga pernah menjadi pasien "cuci otak" terawan. Metode cuci otak terawan yang berasal dari disertasinya itu juga dipergunjingkan.


Baca Juga

0  Komentar