Piala Menpora 2021: Oase Sepakbola dan Suka Cita Jurnalis Olahraga

Viva Bola   Senin, 26 April 2021

img

Piala menpora 2021: oase sepakbola dan suka cita jurnalis olahraga viva – piala menpora 2021 sudah menyelesaikan episode terakhirnya. Persija jakarta keluar sebagai juara usai mengalahkan persib bandung di partai final leg kedua 2-1 di stadion mahanan solo, minggu 25 april 2021. Turnamen ini merupakan tes protokol kesehatan yang dicanangkan pssi. Piala menpora juga menjadi ajang pemanasan untuk pemain dan klub untuk memulai musim baru.

Pemberian nama menpora dalam ajang ini tidak sembarangan. Pssi punya alasan tersendiri yakni menpora selaku kementerian yang bertanggung jawab atas olahraga tanah air selalu memberikan dukungan penuh kepada pssi. Ketua umum pssi, mochamad iriawan dalam pertemuan dengan direktur pt liga indonesia baru, akhmad hadian lukita, dan menpora zainudin amali di jakarta, 18 februari 2021 mengatakan, menpora tahu betul kesulitan mereka sehingga mau menjembatani pssi dengan polri untuk memberikan izin pelaksanaan. Photo : kemenpora "kenapa kami sebut piala menpora 2021? karena kemenpora dapat melakukan pengawasan terhadap hal-hal teknis terutama penerapan protokol kesehatan," kata iriawan.

Selain itu, penamaan ini juga sebagai bentuk apresiasi dari pssi. "pak menpora sampai memberikan garansi personal agar izin dapat keluar. Terima kasih, pak menpora," ujar iriawan. Piala menpora diikuti 17 klub liga 1 dan bergulir dari 22 maret hingga 25 april.

Hanya persipura jayapura yang tak ikut serta karena berbagai alasan. Meski digelar tanpa penonton, ide menggelar turnamen sempat mendapatkan pertentangan dari sejumlah pihak. Salah satunya datang dari indonesia police watch (ipw). Ketua presidium ipw, neta s pane mempertanyakan keputusan kapolri memberikan izin.

Dia menilai kebijakan kapolri memberikan izin piala menpora bukan saja bertentangan dengan instruksi mendagri, tapi juga telah melanggar aturan yang ada yaitu instruksi presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian covid-19. Tak sampai di situ, neta juga melayangkan kritik pedas terhadap ajang pemanasan tersebut. Dia menilai piala menpora merupakan turnamen ecek-ecek. Lebih keras, dia meminta kapolri dan menpora harus bertanggung jawab dan mundur dari jabatan masing-masing, jika piala menpora 2021 menjadi klaster baru penyebaran covid-19.

Photo : dok polri namun, pada kenyataanya, piala menpora sudah sangat kokoh, tak terhempas diadang kritik yang datang. Momen bersejarah itu akhirnya tiba, piala menpora dibuka langsung oleh zainudin amali. Duel pembuka mempertemukan antara arema fc dan tira persikabo di grup a. Saat itu kondisi sekitar stadion sepi dari hiruk pikuk suporter.

Polisi dan panitia pun berjaga ketat di setiap sudut stadion. Para pelatih, pemain cadangan, asisten wasit, bahkan hingga ball boy menggunakan masker. Bola yang akan digunakan pun disemprot disinfektan. "ini akan jadi ujian, tapi kita yakin kita mampu menggelar sepakbola dengan protokol kesehatan yang disiplin.

Saya yakin suporter sepakbola di indonesia cerdas dan saya ingin suporter hanya dukung dari rumah saja,” kata amali dalam sambutannya. Sementara ketua umum pssi, mochamad iriawan mengatakan piala menpora adalah momen yang sakral, karena denyut nadi sepakbola indonesia berdetak lagi setelah satu tahun mati suri. "hari ini adalah spesial bagi sepakbola indonesia yang kurang lebih satu tahun telah berhenti. Kami ada komitmen khusus kita semua harus melakukan kegiatan dengan protokol kesehatan,” kata pria yang akrab disapa iwan bule tersebut.

Hari berganti, pertandingan terus berjalan. Piala menpora 2021 mendapatkan sanjungan dari tokoh-tokoh penting negeri ini. Sebabnya, pssi dan lib tak cuma omong kosong, mereka menjalankan apa yang menjadi komitmen dan janji mereka yakni protokol kesehatan yang ketat. Photo : biro pers sekretariat presiden/laily rachev menpora zainudin amali bertemu dengan presiden joko widodo (jokowi) pada rabu 15 april 2021.

Amali mengatakan, diam-diam orang nomor satu negeri ini menyaksikan perhelatan piala menpora. Dan, jokowi pun merasa puas dengan prokes yang ketat di setiap pertandingan. Selain itu, jokowi juga mengapresiasi komitmen suporter yang tidak nekat hadir ke stadion. "beliau mengapresiasi bagaimana penggemar, pecinta klub, dan suporter sangat patuh terhadap himbauan tidak datang berkerumun ke stadion, tidak nonton bareng dan lain sebagainya," kata amali dalam rilis kemenpora.

Begitu juga dengan kapolri jenderal listyo sigit. Dia melakukan inspeksi mendadak (sidak) pada laga kedua grup a. Kapolri hadir sebelum pertandingaan antara tira persikabo vs psis semarang di stadion manahan, solo, kamis 25 maret 2021. Listyo mengaku puas melihat berlangsungnya piala menpora 2021 yang menjalankan protokol kesehatan ketat.


Baca Juga

0  Komentar