Polisi Diminta Usut Tuntas Kasus Kekerasan Terhadap Wartawan Tempo, Nurhadi

Riaupos - Berita Nasional   Minggu, 28 Maret 2021

img

Polisi diminta usut tuntas kasus kekerasan terhadap wartawan tempo, nurhadi pekanbaru (riaupos.co) - kekerasan terhadap jurnalis kembali terjadi. Nurhadi, koresponden tempo menjadi korban penganiayaan saat melakukan kerja jurnalistik. Kekerasan terhadap nurhadi terjadi saat dia melakukan reportase terkait direktur pemeriksaan ditjen pajak kemenkeu, angin prayitno aji dalam kasus suap pajak yang ditangani komisi pemberantasan korupsi (kpk). Atas kekerasan yang terjadi di surabaya, sabtu (27/3/2021) dan diduga dilakukan oleh aparat tersebut, aliansi anti kekerasan terhadap jurnalis yang terdiri dari aliansi jurnalis independen (aji) surabaya, kontras, lbh lentera, lbh pers, dan lbh surabaya melakukan pendampingan terhadap korban dan sepakat menempuh langkah hukum terhadap peristiwa ini dan mendesak kepolisian untuk mengusut tuntas kasus ini serta memastikan para pelakunya mendapatkan hukuman sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Eben haezer, ketua aji surabaya menyatakan bahwa apa yang dilakukan para pelaku adalah termasuk kegiatan menghalang-halangi kegiatan jurnalistik dan melanggar uu no.40 tahun 1999 tentang pers. Selain itu, juga melanggar uu nomor 39 tahun 1999 tentang hak asasi manusia, uu nomor 12 tahun 2005 tentang tentang pengesahan konvensi hak sipil dan politik dan perkap no. 8 th. 2009 tentang pengimplementasi hak asasi manusia.

“kami mengecam aksi kekerasan ini dan mendesak aparat penegak hukum untuk profesional menangani kasus ini, apalagi mengingat bahwa sebagian pelakunya adalah aparat penegak hukum,” ujar eben. Dia juga mengingatkan kepada masyarakat serta aparat penegak hukum bahwa kerja-kerja jurnalistik dilindungi oleh undang-undang pers. Rachmat faisal, koordinator kontras surabaya mengatakan bahwa terulanganya kasus keerasan terhadap jurnalis ini menunjukkan lemahnya aparat kepolisian dalam memberikan perlindungan terhadap jurnalis yang melakukan kerja-kerja jurnalistik. “polisi juga gagal mengimplementasikan perkap nomor 8 tahun 2009 mengenai implementasi ham dalam tugas-tugasnya,” ujar faisal.

Kkj minta usut tuntas dan berpesan ke kapolri “nurhadi mengalami berbagai macam tindakan kekerasan, mulai dari intimidasi, kekerasan fisik, perusakan alat kerja, hingga penyekapan pada saat melakukan tugas jurnalistik. Penghalang-halangan terhadap kegiatan jurnalistik seperti ini melanggar undang-undang nomor 40 tahun 1999 tentang pers. Pihak kepolisian mesti mengusut tuntas kasus ini,” kata koordinator komite keselamatan jurnalis (kkj) wawan abk, ahad (28/3/2021) di jakarta. Lembaga bantuan hukum (lbh) pers dan aliansi jurnalis independen (aji) indonesia mencatat, kasus kekerasan terhadap wartawan pada 2020 meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya.

Lbh pers mencatat, pada 2020 terjadi 117 kasus kekerasan terhadap wartawan dan media, meningkat 32 persen dibandingkan pada 2019 (79 kasus). Dari 117 kasus tersebut, sebanyak 99 kasus terjadi pada wartawan, 12 kasus pada pers mahasiswa, dan 6 kasus pada media, terutama media siber. Sementara aji indonesia mencatat, pada 2020 terjadi 84 kasus kekerasan terhadap wartawan atau bertambah 31 kasus dibandingkan pada 2019 (53 kasus). Pelaku kekerasan paling banyak adalah aparat keamanan.

Menyikapi kasus yang menimpa nurhadi, jurnalis tempo di surabaya, kkj menyampaikan beberapa hal. Pertama , memints kapolda jawa timur irjen nico afinta polda jawa timur mengusut tuntas kasus kekerasan yang menimpa jurnalis tempo, nurhadi sesuai hukum yang berlaku. Keseriusan polda jatim dalam menindak para pelaku kekerasan menjadi bukti profesionalisme kepolisian ke depan. Halaman berikutnya :1 2.


Baca Juga

0  Komentar