Ramai Masuk Bursa Setelah Dipanggil Istana

Koran Tempo   Selasa, 20 April 2021

img

Ramai masuk bursa setelah dipanggil istana jakarta – tiga tokoh politik disebut-disebut telah dipanggil presiden joko widodo ke istana. Pemanggilan mereka terjadi di tengah menguatnya isu reshuffle kabinet indonesia maju jilid ii yang sudah terdengar sejak pekan lalu. Tiga tokoh politik tersebut adalah wali kota bogor sekaligus kader partai amanat nasional (pan), bima arya sugiarto; anggota dpr dari partai nasdem, muhammad rapsel ali; dan tokoh muda nahdlatul ulama, witjaksono. Bima arya membenarkan pertemuannya dengan presiden jokowi terjadi tiga pekan lalu.

Namun mantan pengamat politik dari charta politika itu enggan menceritakan detail pertemuannya dengan presiden. Bima arya juga membantah pertemuan tersebut khusus membahas isu reshuffle atau perombakan kabinet. Menurut dia, presiden jokowi lebih banyak bertanya tentang penanganan pandemi covid-19 di kota bogor. Menurut dia, presiden jokowi sempat memuji kinerja pemerintah kota bogor yang dianggap baik mengurus pandemi.

"kami juga berdiskusi tentang program kota bogor ke depan, seperti pembangunan trem dan penataan kawasan pasar bogor," ujar bima arya saat dihubungi tempo , senin lalu. Desas-desus ihwal reshuffle kabinet indonesia maju jilid ii menguat, setelah perubahan nomenklatur dalam kabinet. Nomenklatur itu berkaitan dengan telah disetujuinya pembentukan badan riset dan inovasi nasional (brin), kementerian riset dan teknologi melebur masuk ke direktorat jenderal pendidikan tinggi kementerian pendidikan dan kebudayaan, serta pembentukan kementerian investasi. Peraturan presiden ihwal pembentukan tiga lembaga tersebut saat ini tengah dibahas.

Wali kota bogor bima arya sugiarto di kota bogor, jawa barat, 6 januari 2016. Tempo/magang/lazyra amadea hidayat bima arya tak mau larut dalam isu dan gosip reshuffle kabinet. Sebab, menurut dia, pertemuan dengan presiden jokowi terbilang kerap terjadi. Topik utamanya pun membahas pembangunan di kota bogor.

"beliau kan tinggal di bogor," ucap dia. Adapun muhammad rapsel ali bercerita bahwa pertemuannya dengan presiden jokowi terjadi di istana negara pada rabu pekan lalu. Agendanya, kata rapsel, jalan pagi bersama sembari membahas wawasan kebangsaan. Rapsel pun optimistis mendengar kabar dirinya berpeluang masuk lingkaran menteri.

“ramadan adalah bulan penuh berkah, jadi pasti yang terbaiklah," kata pria asli kepulauan selayar, sulawesi selatan, itu. Meski begitu, rapsel sadar bahwa tak sedikit orang yang mencibir kabar peluang dirinya masuk kabinet. Sebab, statusnya sebagai menantu wakil presiden ma'ruf amin berdampak pada munculnya isu nepotisme. Rapsel menegaskan, status dirinya adalah sebagai anggota dpr ketimbang embel-embel menantu ri 2.

"apa pun itu adalah kritik. Abah ma'ruf amin adalah orang tua saya, dan itu melekat pada diri saya," kata rapsel melalui pesan singkat, kemarin. Pan dan nasdem, partai yang menaungi kedua politikus itu, tak ingin berspekulasi. Mereka sadar bahwa urusan bongkar-pasang menteri merupakan hak prerogatif presiden.

Anggota fraksi pan, guspardi gaus, mengatakan partainya bersikap menunggu keputusan presiden. Jika diajak bergabung dengan kabinet indonesia maju, pan siap membantu, termasuk menyiapkan kader terbaik. "apa pun pos yang diamanatkan, pan tak mempersoalkan," kata guspardi. Adapun ketua bidang media dan komunikasi publik dpp nasdem, charles meikyansah, mengatakan sejauh ini komunikasi partai koalisi pemerintah dengan istana berjalan baik.

Dia mengatakan saat ini belum ada arahan dari istana terkait dengan reshuffle kabinet. "di internal kami pun masih bertanya-tanya tentang kabar reshuffle ini," kata charles. Nasdem juga dalam posisi siap jika sewaktu-waktu presiden meminta salah satu kader untuk masuk kabinet. Saat ini, nasdem sudah mendapat tiga jatah menteri di kabinet indonesia maju.

Mereka adalah syahrul yasin limpo sebagai menteri pertanian, siti nurbaya bakar sebagai menteri lingkungan hidup dan kehutanan, serta johnny gerard plate sebagai menteri komunikasi dan informatika. Adapun menteri sekretaris negara pratikno memastikan tak akan ada pengumuman reshuffle kabinet hingga rabu ini. Soalnya, bukan rahasia lagi presiden joko widodo kerap mengumumkan keputusan penting pada hari rabu. "presiden ada kunjungan kerja ke jawa barat.

Tunggu saja," kata pratikno. Direktur eksekutif voxpol center, pangi syarwi chaniago, mengatakan presiden memang berhak menentukan pergantian menteri. Termasuk jika benar memberikan jatah menteri untuk pan sebagai imbalan bergabung dengan koalisi pemerintah. Menurut pangi, jatah menteri akan menentukan status politik pan.

Sebab, sejauh ini partai berlambang matahari terbit itu masih abu-abu. Meski begitu, pangi berharap presiden lebih mengutamakan evaluasi berbasis kinerja dalam reshuffle kali ini. Walhasil, bukan sekadar bagi-bagi kue kekuasaan. Paling tidak, menteri baru yang ditunjuk jokowi harus punya rekam jejak dan pengalaman yang cukup untuk mengurus masalah di setiap kementerian.


Baca Juga

0  Komentar