Robert Komentari Wacana Perubahan Format Kompetisi Liga 1 2021

Ligaolahraga   Kamis, 29 April 2021

img

Robert komentari wacana perubahan format kompetisi liga 1 2021 berita liga 1 indonesia : pelatih persib bandung, robert rene alberts menanggapi wacana gelaran liga 1 2021. Dia berharap izin penyelenggaraan bisa segera didapat dan juga ada kejelasan mengenai format kompetisi yang dimainkan. Sejauh ini pssi masih dalam rencana menggulirkan kompetisi pada 3 juli. Hal itu sudah diumumkan oleh mochamad iriawan selaku ketua umum federasi sepakbola indonesia itu.

Tetapi hingga saat ini izin dari kepolisian belum dikeluarkan. Robert berharap izin tersebut bisa didapat karena menjadi syarat laga di kompetisi boleh bergulir. Sebelumnya piala menpora 2021 disebut menjadi acuan pihak kepolisian bahwa liga bisa digelar terutama dari aspek protokol kesehatan. Dalam pelaksanaannya memang protokol kesehatan di gelaran piala menpora berjalan dengan baik.

Tidak terjadi klaster baru penyebaran covid-19. Penonton juga tertib untuk tidak datang ke stadion dan mendukung dari rumah. "ada dua isu besar di sini. Yang pertama adalah izin, kami diberitahu selama turnamen bahwa liga akan digelar tetapi izin belum diberikan hingga sekarang," tutur pelatih asal belanda ini ketika diwawancara.

Selain itu robert menilai ada satu isu besar lainnya yang kini sedang disorot. Yaitu format kompetisi yang diambil oleh pssi dan pt liga indonesia baru. Beredar wacana liga akan dimainkan dengan sistem mirip piala indonesia. Alih-alih memainkan liga dalam format home and away dalam satu kompetisi penuh dan saling bertemu, mungkin saja klub kontestan dibagi menjadi empat grup.

Pertandingan pun akan dipusatkan di jawa dengan sistem bubble. "isu besar kedua saat ini adalah bagaimana format liga itu sendiri. Apakah home and away, atau dasarnya turnamen lagi, evaluasi setelah turnamen ini sekarang adalah apa format terbaik untuk sepakbola di indonesia," ujar nahkoda persib berusia 66 tahun ini. Menurutnya yang terpenting adalah kompetisi bisa bergulir kembali di indonesia.

Karena negara-negara lain berdenyut lagi kompetisinya sejak tahun lalu usai terhenti lantaran pandemi. Namun di indonesia, liganya masih belum ada titik terang. "jangan lupakan, jika tidak memulai kompetisi sekarang maka sepakbola indonesia makin tertinggal dari negara lain. Dan itu tentu tidak bagus untuk tim nasional.


Baca Juga

0  Komentar