Sejarah Hari Ini: 2 Juli, Prancis Juara Euro 2000 usai Kalahkan Italia

Medan Times   Jumat, 2 Juli 2021

img

Sejarah hari ini: 2 juli, prancis juara euro 2000 usai kalahkan italia timesindonesia, jakarta – sejarah hari ini mencatat kesuksesan tim sepakbola prancis menjadi raja eropa usai mengalahkan italia di final piala eropa 2000 atau euro 2000 yang digelar 2 juli. Tanggal 2 juli juga mencatat peristiwa alam langka, yakni gerhana matahari total. 2000: prancis juara euro 2000 era emas tim sepakbola prancis yang meraih piala dunia 1998 berlanjut di piala eropa 2000. Dalam laga final, tim ayam jantan menang 2-1 atas gli azzurri italia dalam laga final yang digelar 2 juli 2000 di stadion stadion de kuip, rotterdam, belanda.

Kapten timnas prancis didier deschamp mengangkat tropi piala eropa usai prancis menang 2-1 atas italia di partai final. (foto: fifa) keberhasilan prancis juara tidaklah mulus. Dalam pertandingan itu, italia mampu unggul 1-0 hingga menit ke-94 berkat gol marco delvecchio pada menit ke-55. Namun, kemenangan italia yang sudah diambang mata buyar.

Pada detik-detik akhir pertandingan, sylvian wiltord mampu mencetak gol penyama kedudukan, sekaligus memaksa italia memainkan babak tambahan. Italia akhirnya benar-benar hancur dan prancis berpesta setelah striker david trezeguet yang mencetak gol emas pada menit ke-103. Keberhasilan ini membuat prancis mengawinkan dua gelar tertinggi dalam dunia sepak bola. Dua tahun sebelumnya, zinedne zidane dkk menjadi juara piala dunia 1998 setelah mengalahkan brasil tiga gol tanpa balas di stadion stade de france, paris.

"memenangi piala dunia adalah pencapaian besar. Namun, jika bisa meraih dua gelar (piala dunia dan piala eropa), nama anda akan dikenal dalam sejarah sepak bola dunia. Inilah yang menjadi semangat kami saat tampil pada piala eropa 2000," ungkap gelandang serang prancis, emmanuel petit ketika itu euro 2000 juga menjadi akhir peraturan golden goal di masa perpanjangan waktu. Sistem ini dipakai jika dalam 90 menit berakhir imbang dan dilakukan perpanjangan waktu dalam suatu pertandingan sepak bola, tim yang pertama kali memasukkan gol dinyatakan sebagai pemenang walau waktu masih belum berakhir.

Fifa menerapkan sistem golden goal pertama kali pada ajang piala dunia u-20 di australia. 2019: gerhana matahari total ilustrasi - gerahan matahari. (foto: dok. Times indonesia) gerhana matahari terjadi pada 2 juli 2019.

Bulan akan sepenuhnya menutupi matahari dengan durasi yang lama. Argentina dan cile, menjadi negara yang berkesempatan lebih dulu untuk melihat gerhana matahari total. Mengutip space, gerhana mencapai puncaknya pada pukul 19.44, berlangsung selama 2 menit 53 detik. Durasi ini terbilang lama bagi sebuah peristiwa gerhana matahari total, menjadikannya pertama setelah 21 agustus 2017.

Jalur totalitas berukuran selebar 200 kilometer. Untuk gerhana matahari total 2 juli 2019, jalurnya dimulai dekat la serena, cile dan berakhir di selatan buenos aires, argentina. Sementara gerhana parsial akan terlihat di uruguay, paraguay, ekuador, dan brasil. Sebagian besar jalur totalitas melintasi samudra pasifik dan akan berakhir di pantai timur amerika selatan.


Baca Juga

0  Komentar