Simulasi Capres dan Cawapres Pilpres 2024: Prabowo-Puan, AHY-Anies, dan Airlangga-Erick

Pikiran Rakyat   Senin, 31 Mei 2021

img

Simulasi capres dan cawapres pilpres 2024: prabowo-puan, ahy-anies, dan airlangga-erick pikiran rakyat - analis politik dari voxpol center research and consulting pangi syarwi chaniago menyakini, akan ada tiga poros koalisi dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. Pangi menyebutkan, poros pertama, koalisi pdip - gerindra -pkb dengan simulasi mengusung pasangan capres prabowo subianto dan puan maharani. Kemudian poros kedua, koalisi partai nasdem- pks -demokrat dengan simulasi pasangan capres anies baswedan dan ahy. Selanjutnya, poros ketiga, koalisi alternatif partai golkar-ppp-pan dengan simulasi pasangan bisa nama-nama seperti airlangga hartarto , erick tohir terlepas dari mana yang nanti meminangnya menjadi capres.

Termasuk nama-nama seperti ganjar pranowo, sandiaga uno, dan ridwan kamil. Lebih lanjut, pangi menilai saat ini koalisi partai politik di indonesia terjadi dengan dua basis. Pertama, berbasiskan personalistik, pragmatis, dan populisme. Sedangkan kedua, pendekatan berbasiskan ideologi.

"saya perhatikan koalisi kita selama ini lebih kuat dna berbasiskan kekuasaan pragmatis ketimbang ideologis, selain memang makin cair sekat ideologis lintas parpol. Artinya, koalisi bukan berbasiskan ideologi, lebih menonjol basis pragmatisme politik," kata pangi dalam keterangannya, senin, 31 mei 2021. Pangi sendiri mendorong agar koalisi partai dalam kontestasi pilpres 2024 agar lahir lebih dari dua pasang calon presiden. Editor: mahbub ridhoo maulaa.


Baca Juga

0  Komentar