Apa yang Dipertaruhkan dalam Perjalanan Utusan Iklim AS John Kerry ke Tiongkok

Buzz Feed   Kamis, 15 April 2021

img

Apa yang dipertaruhkan dalam perjalanan utusan iklim as john kerry ke tiongkok #m637816scriptrootc1100873 {min-height: 300px;} pada hari rabu, utusan iklim washington john kerry menjadi pejabat senior pemerintahan biden pertama yang mengunjungi china — tetapi dia mendarat di shanghai pada saat terjadi ketegangan diplomatik yang tinggi. china dan as adalah dua penyumbang polusi karbon terbesar di dunia, masing-masing menyumbang 27% dan 13% emisi rumah kaca global pada tahun 2019. Kerja sama erat mereka sangat penting jika dunia ingin mengurangi efek perubahan iklim kebakaran hutan di california atau panas dan kekeringan di australia dan mencairnya es kutub. taruhan geopolitik juga tinggi. Menyusul pembicaraan sengit antara dua ekonomi teratas dunia di anchorage bulan lalu, sedikit harapan yang tersisa untuk merebut kembali keramahan relatif dari tahun-tahun obama. Negara adidaya terus berdebat tentang berbagai masalah, termasuk pelanggaran hak asasi manusia di tibet dan xinjiang, erosi kebebasan politik di hongkong, dan sikap beijing yang semakin agresif taiwan.

Faktanya, hubungan bilateral telah mencapai titik terendah, setelah empat tahun trump, sehingga lingkungan adalah salah satu dari sedikit area di mana pembangunan kepercayaan tampak masuk akal. Melihat hal ini, beijing telah mengeluarkan diplomat veteran xie zhenhu dari masa pensiunnya, terutama untuk menjadi lawan bicara utama kerry. Pasangan ini bekerja sama dengan sukses menjelang perjanjian paris 2015, yang mengupayakan netralitas karbon abad pertengahan dalam upaya untuk membatasi suhu global pada 2˚c di atas tingkat pra-industri. “kerja sama as-china dalam perubahan iklim berpotensi memberikan manfaat besar bagi negara dan dunia,” kata david b. Sandalow, seorang peneliti di pusat kebijakan energi global universitas columbia, dan mantan pejabat lingkungan di gedung putih, departemen luar negeri, dan departemen energi.

“bahkan di puncak perang dingin, as dan uni soviet bekerja sama dalam masalah kesehatan publik dan pengendalian senjata.” sama seperti pembicaraan bilateral di awal 2015 membangun momentum menuju paris, biden harus berharap china akan memainkan peran penting secara virtual ktt pemimpin tentang iklim pada tanggal 22 april. Pertemuan online ini akan menjadi kesempatan bagi para penghasil emisi besar untuk membuat komitmen konkret sebelum ktt iklim cop pbb di skotlandia pada bulan november. baca lebih banyak: as dan china harus bekerja sama dalam perubahan iklim “tidak pernah ada pemerintahan as yang memberikan prioritas lebih tinggi pada krisis iklim oleh pemerintahan biden,” kata sandalow. “ktt ini penting untuk mengirim sinyal kepada dunia bahwa pemerintah federal as kembali berperang.” “tata kelola lingkungan global tidak dapat berfungsi tanpa kedua negara bekerja sama,” ma jun, direktur institut urusan publik & lingkungan yang berbasis di beijing, mengatakan kepada time. “tapi ini lanskap geopolitik yang bergejolak.” berbicara kepada media sebelum keberangkatannya, kerry mengatakan bahwa krisis iklim sangat penting sehingga “mendesak” bagi washington dan beijing untuk “memilah-milah” masalah tersebut.

Perbedaan antara kedua belah pihak “tidak akan pernah diperdagangkan untuk apa pun yang berkaitan dengan iklim,” katanya. ini terlihat menjadi area fokus utama selama kunjungannya. Kevin frayer / getty images asap mengepul dari pabrik baja besar saat seorang pekerja tiongkok bekerja di sebuah pabrik baja tidak resmi, di latar depan, pada tanggal 4 november 2016 di mongolia dalam, tiongkok. Menekan china pada puncak karbon di atas kertas, kedua negara tampak secara luas berada di jalur yang sama. Rencana iklim biden mencakup janji bersejarah $ 2 triliun menuju emisi nol bersih pada tahun 2050.

Target signifikan lainnya termasuk 100% pembangkit listrik bebas karbon pada tahun 2035 dan menjadikan pertanian as sebagai sektor pertanian netral karbon pertama di dunia. Presiden china xi jinping berjanji pada sidang umum pbb pada bulan september bahwa china akan mencapai puncak karbon pada tahun 2030 dan netralitas karbon pada tahun 2060. Rencana lima tahun ke-14 china, disetujui pada bulan maret, mengubah pembangunan negara dari “kecepatan tinggi” menjadi “tinggi -kualitas, “dengan tujuan mewujudkan” china yang indah “dan menempa” peradaban ekologis “. baca lebih banyak: bagaimana china dapat mengubah dunia dengan menghapus daging dari menu namun, meski china sejauh ini merupakan pemimpin dunia dalam penggunaan tenaga surya dan angin, negara itu masih mengkonsumsi lebih banyak batu bara daripada gabungan seluruh dunia, dan terus melakukan proyek-proyek batu bara baru dengan lampu hijau. Konsumsi batu bara turun ke level terendah baru 58% dari produksi energi primer pada tahun 2019, tetapi mengalami sedikit kebangkitan tahun lalu karena daerah berusaha untuk mengimbangi efek ekonomi negatif dari perang dagang dan pandemi.

Pasokan listrik berbahan bakar batu bara sebesar 1040 gigawatt (gw) di china saat ini — setara dengan seluruh jaringan listrik as — akan ditambah dengan 100 gw lagi yang sedang dibangun dan rencana tambahan 150 gw. karena itu, as akan menekan china untuk memberikan angka pasti tentang apa yang ditimbulkan oleh “karbon puncak”, karena membiarkan puncak tidak terhitung hanya akan mendorong wilayah china untuk dengan panik membangun kapasitas batu bara ke tingkat yang lebih tinggi menjelang tahun 2030. inisiatif penghijauan sabuk dan jalan kecintaan china pada batu bara tercermin dalam belt and road initiative (bri) tanda tangan xi, serangkaian proyek perdagangan dan infrastruktur lintas benua senilai $ 1 triliun yang disebut-sebut sebagai versi modern dari jalan sutra yang terkenal. Pembangkit listrik tenaga batu bara memiliki keunggulan, karena murah untuk mitra lokal dan insinyur china dapat dengan mudah memasok teknologinya. Sejak 2013, bri telah berkomitmen lebih dari $ 50 miliar dalam bentuk keuangan negara untuk membangun 26,8 gw fasilitas batubara di 152 negara, laporan kuarsa. As kemungkinan akan mendorong china untuk komitmen yang lebih besar terhadap energi yang lebih ramah lingkungan dalam proyek-proyek bri, mengingat rencana iklim biden mengusulkan pembuatan perjanjian iklim as-china di masa depan bergantung pada penghapusan subsidi ekspor beijing untuk batu bara — dan mencegah china dari “outsourcing polusi karbon.” ia juga menyarankan agar negara-negara bri menawarkan sumber pembiayaan alternatif untuk investasi rendah karbon. “batubara adalah area paling dekat di mana diplomasi iklim internasional dapat memanfaatkan ambisi politik china,” kata li shuo, penasihat kebijakan global senior untuk greenpeace di beijing. menghijaukan bri masuk akal secara ekonomi dan politik bagi china, karena proyek terkait batu bara sering menjadi sasaran protes dan litigasi di negara tuan rumah, merusak kelangsungan hidup mereka dan dengan demikian menarik minat investor china.

Di turki, 88% proyek batu bara yang telah disetujui sebelumnya telah dibatalkan sejak 2010; di indonesia, 51% telah terjadi sejak 2015. “semakin banyak bank dan investor di china yang lebih memperhatikan masalah ini,” kata ma. mengurangi pembiayaan untuk proyek batu bara dengan cara yang sama, rekor investasi hijau cina beragam. Itu telah menjadi salah satu dunia pendukung utama proyek energi hijau, termasuk pembangkit listrik tenaga surya yang memecahkan rekor di argentina dan ladang angin di inggris raya, serta banyak inisiatif di seluruh afrika. Namun china juga memimpin dunia dalam keuangan intensif karbon.

Lebih dari 70% dari semua pembangkit listrik tenaga batu bara yang dibangun saat ini bergantung pada pendanaan cina. as dan china juga dapat bekerja sama untuk mengurangi jejak karbon dari investasi yang dilakukan oleh china dan lembaga keuangan internasional. Bank investasi infrastruktur asia (aiib) yang berbasis di beijing telah berkomitmen untuk tidak mendanai proyek batu bara apa pun di 103 negara anggotanya. As akan mendorong lebih banyak bank china untuk mengikuti contoh ini. “permintaan batu bara akan bertahan untuk sementara waktu, tetapi kami memiliki sarana pembiayaan yang efektif untuk membantu klien kami memperlancar transisi ke rendah karbon dan akhirnya ekonomi nol karbon,” presiden aiib jin liqun mengatakan kepada time. cheng jie / vcg melalui getty images karyawan bekerja di jalur perakitan mobil listrik neta di pabrik hozon new energy automobile co., ltd pada 19 februari 2021 di jiaxing, provinsi zhejiang, cina. Kerjasama teknologi lingkungan di bawah obama, as dan china bekerja sama secara erat dalam masalah lingkungan, tetapi pemerintahan trump membatalkan kerangka kerja sepuluh tahun as-china untuk kerja sama energi dan lingkungan, kelompok kerja perubahan iklim as-china, dan as-china.

Pusat penelitian energi bersih. banyak kerja sama yang bermanfaat yang masih harus didapat — setidaknya secara potensial. China memiliki pasar properti terbesar di dunia, misalnya, menempati seperlima dari semua investasi konstruksi secara global. Diharapkan untuk mengalirkan $ 13 triliun ke dalam sektor properti pada tahun 2030. Bayangkan jika as dan china dapat bekerja sama pada bangunan tanpa karbon, dan praktik terbaik kode bangunan, belajar dari pengalaman negara bagian amerika seperti new york dan california. pada gilirannya, as harus banyak belajar dari kepemimpinan teknologi china dan skala ekonomi di bidang kendaraan listrik.

Lebih banyak kendaraan listrik dijual di china setiap tahun daripada di seluruh dunia jika digabungkan, dan sekitar 98% dari 500.000 bus listrik dunia dapat ditemukan di jalan-jalan di china. Memenuhi tujuan perjanjian paris membutuhkan setidaknya dua kali lipat peralihan global ke kendaraan listrik, menjadikan semua mobil dan truk baru nol emisi pada tahun 2040. baca lebih banyak: john kerry sudah mengimbau china untuk melakukan lebih banyak tentang perubahan iklim tetapi kesepakatan ini tidak mungkin dapat dihidupkan kembali dalam suasana baru persaingan yang ada antara kedua negara. Hal ini terutama berlaku untuk teknologi, yang telah menjadi medan pertempuran utama mengingat pertengkaran baru-baru ini tentang 5g, pencurian ip, dan keengganan untuk upaya beijing untuk meningkatkan jangkauan dan kemampuannya melalui program made in china 2025 dan china standards 2035. “banyak dari area ini menjadi target politik yang sangat mudah di as karena dianggap membantu pesaing utama kami mencapai lebih banyak.” kata li. “jadi banyak kerja sama sebelumnya yang tidak memungkinkan lagi.” dengan latar belakang ini, perjalanan kerry ke shanghai bisa menjadi sangat penting.


Baca Juga

0  Komentar