Belum Pasti Berangkat, Calon Haji Kabupaten Bogor Tetap Harus Vaksinasi Covid-19

Tempo   Minggu, 30 Mei 2021

img

Belum pasti berangkat, calon haji kabupaten bogor tetap harus vaksinasi covid-19 petugas kesehatan memeriksa tekanan darah jemaah calon haji sebelum disuntik vaksin covid-19 dosis pertama di puskesmas merdeka, palembang, sumatera selatan, kamis 25 maret 2021. Sebanyak 1.200 jemaah calon haji embarkasi kota palembang mengikuti vaksinasi covid-19 sebagai syarat utama yang telah ditetapkan oleh pemerintah arab saudi agar dapat berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini. Antara foto/nova wahyudi tempo.co , cibinong - ribuan jemaah calon haji di kabupaten bogor tetap menjalani vaksinasi covid-19, kendati belum ada kepastian soal ibadah haji 2021. Kepala bidang pengenda­lian dan pemberantasan penyakit dinas kesehatan kabupaten bogor dedi syarif mengatakan sudah 98 persen calon jemaah haji yang menerima vaksinasi covid-19.

Dedi mengatakan jemaah calon haji 2021 di kabupaten bogor berjumlah sekitar 3.000 orang. "apakah berangkat atau tidak tahun ini, mereka harus tetap divaksin covid-19," kata dedi di cibinong, minggu 30 mei 2021. Proses vaksinasi calon jemaah haji tersebut dilaksanakan di beberapa kelompok bimbingan ibadah haji (kbih). Dedi mengatakan vaksinasi covid-19 ini dilakukan untuk mengantisipasi keberangkatan haji tahun 2021 sehingga jemaah haji lebih siap berangkat karena telah divaksin.

“khawatir ada perubahan kebijakan dari pusat,” ujarnya. Menurut dedi, pada tahap awal vaksinasi covid-19 ini hanya diberikan kepada calon haji lansia. Namun akhirnya seluruh calon haji yang berusia di atas 18 tahun wajib menerima vaksinasi covid-19. Dia berharap semua calon jemaah haji kabupaten bogor sudah selesai divaksinasi dalam waktu dekat.

"n anti ting­gal menunggu keputusan pemerintah pusat untuk berangkat atau tidak,” ujarnya. Pelaksana tugas (plt) dirjen penyelenggaraan haji dan umrah kementerian agama khoirizi mengatakan, belum ada kepastian kapan pemberangkatan haji dimulai lagi setelah ditiadakan pada tahun lalu. "k ami terus mengikuti perkembangan dari pemerintah arab saudi,” kata khoirizi. .


Baca Juga

0  Komentar