Bisa Terpenuhi di 2024, Modal Inti Rp3 Triliun Bank NTB Syariah

Suarantb-ekonomi dan bisnis   Rabu, 21 April 2021

img

Bisa terpenuhi di 2024, modal inti rp3 triliun bank ntb syariah mataram (suara ntb) – teka teki kemampuan memenuhi modal inti bank ntb syariah sebesar rp3 triliun pada 2024 nanti perlahan terurai. Ada sinyal kuat, amanat pojk (peraturan otoritas jasa keuangan) bisa diamini pemilik saham. Seperti diketahui otoritas jasa keuangan (ojk) mewajibkan bank memenuhi ketentuan modal minimum rp3 triliun di tahun 2024. Hal itu diatur dalam pojk nomor 12/pojk.03/2020 tentang konsolidasi bank umum.

Bank ntb syariah, salah satunya yang harus memenuhi modal inti sebesar ini. Jika tidak, pilihannya ada dua. Turun kelas menjadi bank perkreditan rakyat syariah (bprs), atau izin usaha bank dibekukan. Menjawab hal ini, direktur utama bank ntb syariah, h.

Kukuh raharjo kepada di ruang kerjanya, selasa, 20 april 2021 menjelaskan. Baru-baru ini, bank ntb syariah baru saja menyelesaikan rapat umum pemegang saham (rups) tahun 2020 di bima. Salah satu agendanya adalah pembahasan pemenuhan modal inti bank ntb syariah. Sebelum rups digelar, perhelatan dimulai dengan rapat koordinasi antara kementerian dalam negeri dengan seluruh kepala daerah, dprd ntb dan kabupaten/kota.

Rapat koordinasi ini kata h. Kukuh, agendanya membahas strategi-strategi permodalan terkait pojk mengenai modal inti minum bank umum syariah, khususnya bank daerah. Agenda lainnya adalah mendengar pemaparan dari ojk. Dalam pemaparan kepala ojk provinsi ntb, farid faleteh, dijelaskan gambaran tentang kinerja bank ntb syariah pascakonversi tahun 2018 lalu.

Secara pertumbuhan, bank ntb syariah berada di atas rata – rata nasional dan rata – rata industri. Dengan penguatan modal inti ini, diharapkan bank ntb syariah ke depannya bisa tetap tumbuh. Secara permodalan saat ini, jumlah modal inti bank ntb syariah yang tercatat sampai dengan desember 2020 sebesar rp1,374 triliun. Artinya, bank ntb syariah masih memiliki kekurangan modal inti sebesar rp1,6 triliun lebih untuk memenuhi rp3 triliun tahun 2024 nanti.

Pada saat pemaparan dengan narasumber dari kemendagri, disampaikan diantaranya, satu-satunya bumd yang memberikan keuntungan terbesar bagi daerah adalah bank daerah. Dalam konteks ntb adalah bank ntb syariah. “kementerian dalam negeri menggugah emosional para pemegang saham. Mendagri berharap semua pemegang saham menjaga status bank daerahnya,’’ kata kukuh.

Dari pemaparan para narasumber ini, para pemegang saham bank ntb syariah memberikan komitmen untuk tetap menjaga kelangsungan bank ntb syariah. Bagaimana caranya? dari bank ntb syariah memberikan lima alternatif untuk pemenuhan modal inti. Dari lima ini, difokuskan untuk dilakukan adalah dua. Pertama adalah penyertaan aset milik pemegang saham.

Kedua seluruh dividen dikembalikan jadi modal bank (tidak dibagi). “dan kemarin sudah ada penandatanganan komitmen yang akan ditindaklanjuti oleh masing-masing pemegang saham untuk menjaga status bank ntb syariah,” imbuhnya. Untuk aset, ada tambahan sekitar rp150 miliar sampai rp160 miliar. Dividen tambahan sekitar rp350 miliar.

Sehingga total rp500 miliar tambahan penyertaan modal. Sisanya rp1,2 triliun akan coba dipenuhi oleh seluruh pemegang saham dengan cara penyetoran/penyertaan kembali modal. Kukuh juga menyampaikan perihal dibukanya kesempatan kepada investor luar untuk menyertakan modal bahwa pemegang saham (pemerintah daerah) sudah sepakat untuk tetap memiliki saham bank ntb syariah secara penuh. “insya allah, sebelum 2024 modal inti rp3 triliun sudah bisa dipenuhi.


Baca Juga

0  Komentar