BPK Diduga Lakukan Intervensi di Pasar Saham Indonesia

Suara   Senin, 5 Juli 2021

img

Bpk diduga lakukan intervensi di pasar saham indonesia suara.com - badan pemeriksa keuangan ( bpk ) diduga melakukan intervensi di pasar saham indonesia. Pasalnya, beberapa waktu lalu lembaga pemerintah tersebut merekomendasikan agar bpjs ketenagakerjaan melakukan jual rugi alias cut loss enam saham yang menjadi portofolio mereka. Aksi tersebut dikritisi pakar hukum pidana universitas al-azhar indonesia (uai), suparji ahmad. Ia menyebut jika instruksi cut loss yang disarankan oleh bpk berpotensi merugikan investor.

Menurutnya, keputusan untuk melakukan cut loss maupun take profit sebenarnya sangat tergantung dari pergerakan harga di pasar. "namun kebijakan tersebut bersifat teknis dan merupakan kewenangan dari direksi dari bpjs. Karena salah satu kiat untuk melokasir resiko adalah dengan meminimalisasi capital loss pada portofolio saham," ujar suparji ditulis senin (5/7/2021). "namun yang jadi permasalahan bahwa hal ini dilakukan bukan oleh yang memiliki kewenangannya dalam hal ini bpk," suparji menambahkan.

Suparji menyebut rekomendasi cut loss maupun take profit akan berpengaruh terhadap laporan keuangan bpjs. Tetap saja, kata dia, apapun tindakannya maka pejabat bpjs-lah yang berhak untuk memutuskannya. Sebab kata dia, dampak dari rekomendasi cut loss oleh bpk maka akan berpengaruh pada kondisi pasar bursa di tengah pandemi saat ini. Artinya, saham-saham yang disebut oleh bpk nantinya akan sepi peminat alias investor ragu menanamkan investasi keenam saham tersebut.


Baca Juga

0  Komentar