Buku Khazanah Adat dan Budaya Singkil Karya Khairuddin Diluncurkan

Aceh Trend   Kamis, 29 April 2021

img

Buku khazanah adat dan budaya singkil karya khairuddin diluncurkan acehtrend.com, singkil — buku khazanah adat dan budaya singkil: mengungkap keagungan dan memelihara kebudayaan yang ditulis khairuddin shi mag resmi diluncurkan di salah satu kafe di kawasan rimo, gunung meriah, aceh singkil, selasa (27/4/2021). Dalam kesempatan peluncuran buku, sang penulis khairuddin menjelaskan, buku tersebut merupakan karya keduanya yang ditulis dalam rentang tahun 2016 hingga 2019. “alhamdulillah, buku ini telah rampung dan sudah diluncurkan. Saya bersyukur bisa menyumbangkan pemikiran berkaitan dengan adat dan budaya singkil.

Semoga buku ini bermanfaat dan bisa dibaca berbagai kalangan demi mengenal singkil lebih dalam,” katanya. Khairuddin menambahkan, selama ini ia mengamati pelaksanaan dan dinamika adat istiadat di aceh singkil, antara satu kecamatan dengan kecamatan lain tidak seragam, banyak sekali terdapat perbedaan. Hal ini membuat khairuddin penasaran. Lalu muncullah keinginan untuk mengendus, menelusuri, dan menemukenalinya.

Mengapa perbedaan itu terjadi? hasil telusurannya itulah yang dituangkan khairuddin dalam buku setebal 161 halaman dan bersampul merah yang berlatar tabir adat aceh singkil itu. Dalam buku tersebut juga memuat tradisi dan adat istiadat yang mulai tercerabut dari akarnya, yang sudah usang dan mengalami akulturasi. Karena itu untuk mengingatkan kembali adat istiadat yang telah digubah oleh nenek moyang tempo dulu, khairuddin merasa terpanggil menulisnya. Menurut khairuddin, buku yang ditulisnya masih belum sempurna, masih banyak kurang daripada lebih.

Karena itu khairudin mengajak untuk menyempurnakan dan melengkapinya. “saya mengajak kita semua untuk melengkapi isi buku ini dan kepada penulis lainnya agar menulis sisi yang lain tentang singkil. Karena singkil ini memiliki khasanah budaya dan sejarah yang kaya,” papar khairuddin. Sementara itu, kadis pendidikan dan kebudayaan aceh singkil, khalilullah, menyampaikan, menulis buku terkait tentang singkil ada beberapa orang tapi dari kalangan milenial baru khairuddin yang menulis.

“saya sebagai kadis dikbud aceh singkil patut memberikan apresiasi terhadap karya ini,” ucap khalilullah. Peluncuran buku ini mendapat support dari knpi, pmss (pepulengen malau singkil-subulussalam), rumah milenial dan warung sinanggel 580, dan dinas pendidikan dan kebudayaan aceh singkil. Peluncuran buku dihadiri juga camat gunung meriah, ketua panwaslu, sekretaris dinas parawisata pemuda dan olahraga, pimpinan pondok pesantren darur rasyid, ketua knpi, ketua bekam, sekretaris pmss, ketua rumah milenial, dan kepala desa tanah bara dan sejumlah tokoh adat lainnya. Seusai peluncuran buku, para peserta berbuka puasa bersama menikmati menu khas singkil, yaitu ndelabakh manuk dan minuman godekh .[] editor : ihan nurdin.


Baca Juga

0  Komentar