Direktur Asal Korea Mundur, KB Bukopin bakal Punya CIO Baru

Investor   Rabu, 19 Mei 2021

img

Direktur asal korea mundur, kb bukopin bakal punya cio baru jakarta, investor.id - pt bank kb bukopin tbk (bbkp) bakal memiliki c hief information officer (cio) baru, menyusul pengunduran diri direktur asal korea selatan, eui hyun shin. Kb kookmin bank selaku pemegang saham pengendali akan mengajukan cio baru untuk menggantikan eui hyun shin dalam rapat umum pemegang saham tahunan (rupst) pada 17 juni mendatang. Sekretaris perusahaan bank kb bukopin, meliawati mengungkapkan, pengunduran diri eui hyun shin tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan. “pengunduran direksi tersebut akan diputuskan dalam rupst yang sudah dijadwalkan perseroan pada 17 juni 2021.

Hal itu juga tidak berdampak terhadap kegiatan operasional, hukum, kondisi keuangan atau kelangsungan usaha perseroan,” kata meliawati dalam keterbukaan informasi rabu (19/5) malam. Meliawati menjelaskan, eui hyun shin mengundurkan diri terhitung sejak 11 mei 2021. Eui hyun sebelumnya merupakan t eam l eader information technology (it) kb kookmin bank yang dinominasikan menjadi direktur di kb bukopin. “keputusan itu resmi disetujui pemegang saham perseroan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (rupslb) pada 25 agustus 2020,” ujar dia.

Sejak itu, menurut meliawati, eui hyun shin memimpin direktorat teknologi informasi (ti) dan menjalankan program transformasi teknologi informasi di kb bukopin agar perseroan beradaptasi lebih cepat lewat penerapan ti sesuai standar kb kookmin bank. Transformasi ti sementara itu, presiden direktur bank kb bukopin, rivan purwantono menyatakan, pihaknya menghargai keputusan pribadi eui hyun shin untuk kembali ke korea selatan. “kami sangat mengapresiasi kontribusinya terhadap berbagai perbaikan ti di kb bukopin hingga saat ini,” tutur dia. Rivan memastikan pengunduran diri eui hyun shin tidak berpengaruh terhadap operasional kb bukopin, termasuk proses transformasi ti yang dicanangkan perseroan sejak september 2020.

“proses transformasi ti tetap berlanjut dan masih on track sesuai roadmap transformasi,” tandas dia. Rivan mengingatkan, perubahan susunan pengurus di perusahaan terbuka merupakan hal yang wajar. “rupst yang kami rencanakan 17 juni akan memutuskan beberapa agenda. Dengan adanya hal ini, kb kookmin bank selaku pemegang saham pengendali akan mengajukan nominasi direksi baru untuk menggantikan eui hyun shin,” papar rivan.

Meliawati menambahkan, pengembangan ti menjadi salah satu fokus kb bukopin dan kb kookmin bank. “beberapa tim dari kb pusat mendampingi cio dan grup ti sejak september 2020, sehingga berbagai improvement tetap dilanjutkan, bahkan beberapa milestone telah dicapai,” ucap dia. Dia mencontohkan aplikasi digital yang sudah disesuaikan, tidak hanya dtujukan sebagai rebranding , tapi juga untuk meningkatkan performa, baik tabungan digital wokee maupun kb bukopin mobile banking. “kami juga baru meluncurkan aplikasi qris kb bukopin,” ujar dia.

Pada 23 februari 2021, setelah mendapatkan pernyataan efektif dari otoritas jasa keuangan (ojk), perseroan mengumumkan perubahan nama dari pt bank bukopin tbk menjadi pt bank kb bukopin tbk (kb bukopin). Saham kb bukopin dimiliki kb kookmin bank (67%), bosowa corporindo (9,7%), negara republik indonesia (3,18%), dan masyarakat (20,12%). Dengan mundurnya eui hyun shin dari kursi direktur ti, jajaran direksi kb bukopin saat ini adalah rivan achmad purwantono (presiden direktur), ji kyu jang (direktur strategi), adhi brahmantya (direktur retail dan ukm), shin seng hyup (direktur keuangan), helmi fahrudin (direktur operasi), hari wurianto (direktur kepatuhan), dodi widjajanto (direktur wholesale banking), dan jong hwan han (direktur manajemen risiko). Berdasakan data bursa efek indonesia (bei), saham bbkp pada perdagangan rabu (19/5) ditutup melemah 3,8% ke level rp 400 dengan market cap rp 13 triliun.


Baca Juga

0  Komentar