Ditengah Pandemi Covid 19, Perayaan Hari Waisak di Wihara Dharmakirti Dibatasi

Detik Sumsel   Rabu, 26 Mei 2021

img

Ditengah pandemi covid 19, perayaan hari waisak di wihara dharmakirti dibatasi palembang, detik sumsel — meski ditengah pandemi covid 19, umat buddha di kota palembang rabu (26/5/2021) tetap menjalankan ibadah trisuci waisak 2565 be di wihara dharmakirti di jalan kapten marzuki kecamatan ilir timur i palembang dengan semangat dan penuh kasih. Dalam pelaksanaan ibadah umat buddha tetap mengedepankan protokol kesehatan yang ketat. Pembina yayasan wihara dharmakirti palembang darwis hidayat mengatakan tema waisak tahun ini eling dan waspada membangun kepedulian sosial. Tema ini diambil tidak terlepas dari kondisi pandemi covid 19 yang masih melanda dunia tidak terkecuali indonesia.

“dengan pandemi covid 19 yang masih mewabah tentunya sangat berdampak bagi perekonomian di seluruh wilayah indonesia. Untuk itu umat buddha diminta eling dan waspada bersama seluruh komponen masyarakat baik agama, etnis yang ada diseluruh persada nusantara bersatu membangun kepedulian sosial,”katanya kepada wartawan usai persembahan ibadah triwaisak. Menurut darwis dalam pelaksanaan ritual trisuci waisak di wihara dharmakirti tahun ini dibatasi hanya boleh dilakukan didalam komplek wihara. Kalau tahun tahun sebelumnya ada prosesi mengelilingi pohon budi sampai keluar ke jalan.

“yang boleh melakukan ritual dibawah pohon budi hanya sangha agung dan bikhu sangha serta pandeta atau pengurus wihara. Sedangkan umat dibatasi hanya boleh menunggu didalam wihara hanya boleh menyaksikan melalui layar televisi yang sudah disediakan oleh panitia,”jelasnya. Dikatakan darwis dalam ritual ibadah trisuci waisak di wihara dharmakirti dihadiri sekitar 400 – 500 umat. Selanjutnya umat datangnya silih berganti beribadah silahkan untuk puja bakti dibawah pohon budi bisa didalam wihara dilakukan secara individu.


Baca Juga

0  Komentar