Gelar Vendor Gathering, PLN UIKSBU Tekankan SMAP

Medan Bisnis Daily - News   Kamis, 27 Mei 2021

img

Gelar vendor gathering, pln uiksbu tekankan smap medanbisnisdaily.com-medan. Pt pln (persero) unit induk pembangkitan sumatera bagian utara (uiksbu) menggelar kegiatan vendor gathering secara virtual yang berlangsung di ruang ule kareng, kantor pln uiksbu, jalan brigjen katamso medan, selasa (25/05/2021). Kegiatan yang merupakan bagian dari collection action uiksbu ini, bertujuan untuk mewujudkan pln bersih yang merupakan bagian dari konsep sistem manajemen anti penyuapan (smap) yang diterapkan perusahaan bumn ini. General manager pln uiksbu, ikram, dalam sambutannya menjelaskan smap memberikan panduan untuk membantu organisasi baik sektor publik, swasta dan nirlaba dalam membangun, mengimplementasikan, dan terus meningkatkan program kepatuhan dengan tujuan untuk mengidentifikasi, mencegah, dan mendeteksi penyuapan.

"transformasi pln yang sudah berjalan 2 tahun menerapkan 37001:2016. Karena itu, seluruh manajemen dan pegawai harus mendukung transformasi pln dan menjalankan smap dengan berkolaborasi dengan mitra pln (vendor)," ungkap ikram. Secara garis besar, lanjutnya, manfaat implementasi smap pada sistem pln antara lain adalah proses bisnis lebih efisien, peningkatan gcg dan citra perusahaan, memberikan kepercayaan investor dan pelanggan, produk pln sesuai kebutuhan pelanggan. Ia juga memaparkan, administrasi pembayaran yang tidak lengkap merupakan salah satu masalah yang sering terjadi.

"karena itu melalui vengath ini, masalah masalah pengadaan dapat dicarikan solusinya," harapnya. Senior manager perencanaan dan engineering pln uiksbu, sujana, mengatakan dalam visi misi pln uiksbu tetap menekankan bahwa pln adalah perusahaan pengelola pembangkit listrik termuka di indonesia dan pasokan utama energi listrik di sumut untuk menjadi pilihan pelanggan. Sementara, pada kesempatan itu, senior manager keuangan, komunikasi dan umum pln uiksbu, dadang hardiana, fokus pada menyosialisasikan beberapa butir pesan dirut pln zulkifli zaini diantaranya di pln harus berpegang teguh pada gcg dan tidak ada conflict of interest. Kemudian pelayanan prima, bekerja dengan rasa tanggung jawab dan mempunyai sifat ownership, perusahaan akan berjalan dengan baik apabila mempunyai keuangan yang sehat, salah satu cash flow sebagai darah perusahaan.

"semua personel pln dan mitra bisnis pln juga harus harus menerapkan 4 no’s," tegas dadang. Adapun prinsip 4 no’s itu yakni no bribery (hindari/menolak segala bentuk suap menyuap dan pemerasan), no kickback (hindari/menolak meminta komisi, tanda terima kasih baik dalam bentuk uang dan dalam bentuk lainnya). Kemudian no gift (hindari/menolak penerimaan/ pemberian hadiah atau gratifikasi yang bertentangan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku). No luxurious hospitality (hindari/menolak penyambutan dan jamuan yang berlebihan).

Dadang juga menyampaikan bahwa komitmen manajemen terkait smap telah ditandatangani. Karena itu ia meminta jika siapapun ada yang mengetahui penyuapan, kejadian/insiden yang mencurigakan melalui wbs pln. Sementara itu, kegiatan vendor gathering ini cukup direspon oleh seluruh peserta yang antusias mempertanyakan berbagai hal mulai dari smap serta sanksi jika ditemukan pelanggaran. Kegiatan ini semakin menarik dengan adanya kuis yang menetapan sejumlah pemenang..


Baca Juga

0  Komentar