Gerakan Buruh Boikot Indomaret, Ada Apa?

Islam Today   Selasa, 18 Mei 2021

img

Gerakan buruh boikot indomaret, ada apa? (islamtoday id) – perseteruan terjadi antara kalangan buruh dengan pt indomarco prismatama (indomaret). Buruh pun mengancam akan memboikot atau tidak akan membeli seluruh produk yang dijual di indomaret. Itu dilakukan sebagai buntut atas tindakan indomaret yang mempolisikan seorang karyawan mereka yang menuntut pembayaran thr dari perusahaan pada lebaran 2020 lalu. Presiden federasi serikat pekerja metal indonesia (fspmi) riden hatam aziz menilai tindakan indomaret itu tak seharusnya dilakukan.

Pasalnya, kasus yang terjadi pada karyawan bernama anwar bessy itu terlalu kecil, yakni merusak gypsum kantor saat memperjuangkan thr 2020. Perusakan yang mengakibatkan gypsum bolong 20-25 cm itu katanya juga terjadi secara spontan karena tuntutan pembayaran thr belum dipenuhi. “ini ada apa? kasus yang sangat kecil sampai ke pengadilan. Kenapa thr yang tidak dibayar 100 persen tidak ada tindakan ke manajemen, tapi pengurus yang memperjuangkan haknya dipidanakan,” ujar riden dalam konferensi pers, ahad (17/5/2021), seperti dikutip dari cnn indonesia.

Laporan itu sudah masuk ke dalam proses persidangan. Berdasarkan catatan riden, persidangan sudah dilakukan dua kali sejak manajemen indomaret melaporkan anwar. “dan besok 18 mei 2021, selasa, sidang ketiga. Dalam kesempatan ini saya ingin sampaikan ini telah terjadi kriminalisasi terhadap anggota kami fspmi,” ucap riden.

Ia mengaku heran karena kasus sekecil ini harus sampai pengadilan. Sementara, belum ada penindakan terhadap manajemen indomaret yang tidak membayar thr secara penuh kepada karyawan pada 2020. Atas kasus tersebut, riden mengatakan pihaknya akan melakukan perlawanan terhadap manajemen indomaret. Ia tak terima karena manajemen telah melakukan kriminalisasi kepada buruh.

Ia sudah memberikan instruksi kepada anggota fspmi untuk melakukan aksi di kantor pt indomarco prismatama. Jika manajemen tak merespons, maka riden akan menginstruksikan untuk memboikot produk indomaret. “kalau manajemen indomarco tidak merespons tuntutan kami, kami instruksikan untuk boikot semua produk indomaret,” pungkas riden. Selain fspmi, presiden konfederasi serikat pekerja indonesia (kspi) said iqbal juga mempertanyakan peran menteri ketenagakerjaan (menaker) dalam kasus ini.

Pasalnya, sampai saat ini indomaret disebut belum melunasi thr 2020 yang dibayar 50 persen. Lalu bagaimana kondisi keuangan perusahaan sampai tidak mampu melunasi thr karyawan tahun 2020 lalu secara penuh? dari sisi indomaret, secara detail bukan perusahaan terbuka dan tidak tercatat laporan keuangan publikasi sehingga tidak bisa terlihat laba rugi. Indomaret adalah perusahaan asosiasi dari indoritel makmur internasional yang tercatat di bursa efek indonesia (bei) dengan kode saham dnet. Perusahaan asosiasi adalah suatu perusahaan yang investornya mempunyai pengaruh yang signifikan dan bukan merupakan anak perusahaan maupun joint venture dari investornya.

Statusnya sama dengan pt nippon indosari corpindo tbk (roti) dan pt fast food indonesia tbk (fast). Laporan keuangan september 2020 dari dnet mencatat, bagian laba dari roti mencapai rp 32,78 miliar, dan fast (pengelola kfc) tercatat bagian ruginya mencapai rp 109,72 miliar. Adapun bagian laba dari indomaret yakni rp 198,68 miliar. Dnet belum merilis laporan keuangan audit 2020 dan laporan kuartalan 2021.

Pendapatan naik menurut laporan keuangan terbaru dnet per september 2020 itu, perusahaan milik grup salim tersebut mencatatkan pertumbuhan pendapatan hingga 102 persen secara tahunan menjadi rp 316,50 miliar dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar rp 156,04 miliar. Meskipun mengalami kenaikan pendapatan yang signifikan pada kuartal iii 2020, laba bersih perusahaan malah turun 72,92 persen dari semula rp 265,84 miliar menjadi rp 71,98 miliar pada akhir september tahun lalu. Penurunan laba bersih ini salah satunya terjadi karena meningkatnya beban usaha berupa cadangan kerugian penurunan nilai-neto sebesar rp 36,96 miliar. Aset perusahaan mengalami kenaikan tipis ke angka rp 15,86 triliun dari posisi awal di akhir tahun 2019 sebesar rp 15,48 triliun.

Aset ini terdiri dari aset lancar sebesar rp 4,56 triliun dan aset tidak lancar sebesar rp 11,29 triliun. Adapun liabilitas perusahaan turut mengalami peningkatan 3,57 persen menjadi rp 6,16 triliun dari semula rp 5,94 triliun. Kewajiban ini terdiri dari liabilitas jangka pendek sebesar rp 446,52 miliar dan sisanya jangka panjang senilai rp 5,71 triliun. Ekuitas perusahaan pun mengalami kenaikan tipis menjadi rp 9,69 triliun pada kuartal iii 2020 naik dari posisi akhir tahun 2019 di angka rp 9,53 triliun.

Di pasar modal, saham dnet berada di zona merah, tercatat pada pukul 13.50 wib saham dnet turun 2,37 persen ke level rp 3.300/saham. Dalam sepekan terakhir turun 0,90 persen dan sejak awal tahun ini melemah 5,71 persen. Pada penutupan perdagangan, saham dnet ditutup stagnan di rp 3.380/saham dengan kapitalisasi pasar rp 47,94 triliun. Pihak pt indomarco prismatama (indomaret) buka suara terkait ancaman boikot produk dari para buruh.

Marketing director pt indomarco primatama wiwiek yusuf memastikan kasus tersebut sudah diselesaikan sejak tahun lalu. “peristiwa itu kan sebenarnya sudah selesai dari tahun lalu,” ujar wiwiek seperti dikutip dari detikcom , selasa (18/5/2021). Ia pun secara tegas membantah tuduhan soal pembayaran thr 2020 yang menjadi salah satu tuntutan buruh atas kasus tersebut. “thr tidak ada yang kita tunda, itu tidak ada, jadi semua muter balikkan masalah.

Selama 30 tahun juga kita bayar sesuai kewajiban, sesuai peraturan pemerintah, nggak ada itu,” tegasnya. Wiwiek juga menyatakan tak akan mengendurkan langkah untuk mempidanakan karyawan mereka. “diharapkan semua pihak menghargai proses hukum yang berlangsung saat ini,” ungkapnya. [wip].


Baca Juga

0  Komentar