Grab dan Kementerian Investasi Sosialisasi dan Percepat Izin Berusaha UMKM

Investor   Minggu, 16 Mei 2021

img

Grab dan kementerian investasi sosialisasi dan percepat izin berusaha umkm jakarta, investor.id - grab, superapp terkemuka di asia tenggara, dan kementerian investasi/bkpm, mengumumkan kolaborasinya untuk meningkatkan kapasitas umkm. Hal ini terutama dilakukan terkait dengan sosialisasi dan percepatan proses pengajuan nomor induk berusaha (nib) bagi umkm melalui sistem perizinan berusaha secara elektronik ( online single submission /oss) bkpm. Grab akan mendukung kementerian investasi/badan koordinasi penanaman modal/bkpm dalam menyebarluaskan informasi terkait pendaftaran izin usaha untuk menjangkau lebih banyak kelompok umkm melalui jaringan merchant grab yang solid, mencakup umkm di grabmart, grabfood, dan grabkios. President of grab indonesia ridzki kramadibrata menyampaikan, grab berkomitmen untuk terus memberikan dukungan terhadap inisiatif dari kementerian investasi/bkpm dalam memastikan umkm mampu memperoleh bantuan dalam pengajuan izin usahanya.

“inti dari kerja sama strategis ini juga sejalan dengan inisiatif #terususaha kami untuk mengoptimalkan potensi umkm serta memanfaatkan inovasi digital dalam membuka lebih banyak peluang bisnis,” ujar ridzki, dikutip minggu (16/5). Grab memiliki keyakinan penuh atas potensi yang dimiliki para pelaku umkm dan akan terus mendukung mereka melalui platform grab, sehingga dapat turut mendorong pemulihan ekonomi di indonesia. Menteri investasi/bkpm bahlil lahadalia mengatakan, mayoritas umkm yang ada di tanah air saat ini belum memiliki legalitas perizinan berusaha, sehingga menjadi kendala untuk memperoleh pembiayaan dan mengembangkan usahanya. “pada 2 juni 2021, kita akan meluncurkan sistem oss berbasis risiko yang merupakan wujud nyata implementasi uu cipta kerja.

Melalui sistem tersebut, ada keistimewaan, terutama bagi umk (usaha mikro kecil) resiko rendah yang dapat memperoleh perizinan mudah, cepat, dan tanpa biaya,” tutur bahlil. Menurut dia, pemerintah berkomitmen untuk memberikan penguatan kepada umkm yang selama ini telah berjasa dalam menciptakan lapangan kerja bagi 120 juta dari 130 juta tenaga kerja di indonesia. Bagi pelaku umkm dengan tingkat risiko yang rendah akan memperoleh kemudahan mendapatkan nib. Fungsi nib pun tidak hanya sebagai identitas dan legalitas.

Nib juga berfungsi sebagai perizinan tunggal mencakup standar nasional indonesia (sni) dan sertifikasi jaminan produk halal setelah mendapat pembinaan dari instansi terkait, sesuai ketentuan perundang-undangan. Izin usaha grab dan kementerian investasi pun akan akan bekerja sama secara efektif untuk meningkatkan keunggulan kompetitif dari umkm melalui pengajuan izin usaha. Berdasarkan peraturan pelaksana uu nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja, usaha dikelompokkan berdasarkan tingkat risiko yang akan menentukan jenis perizinan berusahanya. Risiko usaha terbagi menjadi rendah, menengah-rendah, menengah-tinggi, dan tinggi.

Uu cipta kerja pun memberikan kemudahan, perlindungan, dan pemberdayaan bagi umkm. Nantinya, setelah mendapatkan nib, para pelaku umkm akan mendapatkan keabsahan hukum untuk menjalankan kegiatan usaha dan kegiatan di lokasi usahanya. Perizinan tersebut dapat digunakan untuk pengajuan kolaborasi bisnis untuk meningkatkan skala dan pertumbuhan umkm. Izin usaha ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan akses program pelatihan, pemberdayaan, dan fasilitas pengembangan kapasitas dari pemerintah dan instansi terkait.

Selain itu, nib dapat dipakai para pelaku umkm untuk mempermudah proses pengajuan kredit guna meningkatkan modal usaha di lembaga keuangan mana pun, baik bank maupun nonbank. Kolaborasi inisiatif sementara itu, kolaborasi strategis yang akan diluncurkan dan menargetkan para mitra merchant grab tersebut akan berfokus pada beberapa inisiatif. Pertama , sosialisasi tentang informasi izin usaha bagi umkm. Sosialisasi pendaftaran izin usaha umkm bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mitra merchant grabfood, grabmart, dan agen grabkios tentang pentingnya fungsi dari dokumen izin usaha serta manfaatnya untuk meningkatkan skala bisnis melalui serangkaian fasilitas dan program pemerintah.

Kedua , fasilitas izin usaha bagi umkm. Sebagai langkah lanjutan, grab akan membantu mitra merchant grabfood, grabmart, dan agen grabkios untuk memproses pengajuan izin usaha melalui sistem oss dari kementerian investasi/bkpm yang hanya memerlukan waktu tiga jam. Setelah mendaftar di platform online tersebut, grab dan kementerian investasi akan turut menciptakan proses perizinan yang mudah dan perlindungan bisnis, serta memperkuat daya saing dari umkm. Ketiga , penyelesaian kendala bisnis bagi umkm.

Bagi para pelaku umkm yang mengalami kendala proses pendaftaran usahanya, grab menyediakan forum mediasi dengan kementerian investasi untuk memudahkan proses pengajuan izin usaha dalam bentuk sesi konsultasi dan bantuan teknis. Keempat , program pemberdayaan umkm berbasis digital untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing bisnis. Selama masa pandemi covid-19, lebih dari 0,5 juta merchant baru telah mendaftarkan diri di grab pada 2020. Dengan jangkauan jaringan yang luas, grab optimistis dapat membantu lebih banyak umkm secara digital di sistem oss kementerian investasi untuk memperoleh izin bisnis sekaligus memperluas potensi usahanya.


Baca Juga

0  Komentar