Harga Bitcoin Terjun Bebas, Buntut Cuitan Bos Tesla?

Merah Putih   Rabu, 19 Mei 2021

img

Harga bitcoin terjun bebas, buntut cuitan bos tesla? merahputih.com - bitcoin mencapai level terendah selama 3,5 bulan terakhir yakni hingga menyentuh usd 38.514. Terjerumusnya bitcoin ikut menyeret koin digital lainnya. Hal ini terjadi setelah tiongkok memberlakukan pembatasan baru pada transaksi yang melibatkan uang kripto. Dikutip antara , rabu (19/5) malam, nilai koin tersebut saat ini turun 40 persen dari rekor tertinggi usd 64.895 pada 14 april lalu, sekaligus juga menuju penurunan bulanan pertama sejak november 2018.

Berdasarkan pelacak pasar coingecko, uang kripto lainnya yang juga ikut anjlok yakni ether. Koin yang terhubung ke jaringan blockchain ethereum, turun 15 persen menjadi usd 2.875,36. Sementara dogecoin berbasis meme anjlok 18 persen. Saham coinbase, perusahaan yang memperjualbelikan kripto dan terdaftar di bursa frankfurt, merosot 6 persen.

Angka itu turun di bawah harga pencatatan perdana senilai usd 250 pada awal pekan ini. Anjloknya nilai uang kripto ini tak lepas dari cuitan bos tesla, elon musk. Musk menolak untuk menerima bitcoin sebagai alat pembayaran untuk tesla. Kicauan berikutnya menyebabkan kebingungan lebih lanjut mengenai apakah pembuat mobil itu telah melepaskan kepemilikan koinnya.

Penjualan diperburuk oleh pengumuman tiongkok yang melarang lembaga keuangan dan perusahaan pembayaran untuk menyediakan layanan terkait dengan transaksi mata uang kripto. Pemerintah tiongkok juga memperingatkan investor mengenai perdagangan kripto yang spekulatif. Cryptowatchers memperkirakan penurunan hingga di bawah usd 40.000 telah menembus batas teknikal utama yang bisa mendorong aksi jual lanjutan. Menurut analis di jpmorgan dengan mengutip data yang dikumpulkan berdasarkan minat terbuka dalam kontrak berjangka bitcoin cme, investor juga bisa saja beralih dari bitcoin kembali ke emas.

Kondisi ini menunjukkan penurunan paling curam dan lebih berkelanjutan di bitcoin berjangka sejak oktober lalu. "gambaran aliran bitcoin terus memburuk dan mengarah pada pengurangan berkelanjutan oleh investor institusional," tulis analis jpmorgan. Aksi jual aset kripto tepat pada saat ketakutan inflasi sedang naik daun menghapus kesan kelompok aset kripto sebagai lindung nilai atas inflasi. Sebaliknya, lindung nilai yang lebih tradisional telah mendapatkan dukungan, dengan emas naik hampir 6 persen pada bulan ini.


Baca Juga

0  Komentar